Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Gelar Musda ke IV

MUSDA KE IV : AR/BS - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang saat membuka Musda ke IV Majelis Daera Agama Hindu Kaharingan ditandai dengan memainkan katambung, di aula hotel citra Katingan, Jumat (15/11/2019) malam.

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Katingan gelar pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) IV Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Katingan 2019, di aula hotel citra Katingan, Jumat (15/11/2019).

Musda ke IV tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Katingan Sunardi N T Litang, dan juga dihadiri Perwakilan Kepala Kantor Kementerian Agama Katingan, Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya, Wakil Ketua MB-AHK Pusat Palangkaraya, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Kalteng, Ketua MB-AHK Katingan, Ketua Lembaga Pengembangan TIK Katingan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, serta tamu undangan yang hadir.

Musda IV tahun ini, pihak panitia mengusung tema Keleh Penyang Itah Hinje Simpei Paturung Humba Hatamburak Mangat Utus Tau Hagatang, (artinya Mari Kita Tingkatkan Persatuan Dan Kesatuan Untuk Mengangkat Martabat). Dan sub tema, Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Peran Serta Umat Hindu Kaharingan Dalam Pembangunan Katingan Bermartabat Menuju Kalteng Berkah.

Ketua Panitia Susanto Kurniawan mengatakan, pelaksanaan Musda IV Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Katingan ada beberapa tujuan, yaitu memantapkan konsolidasi organisasi kelembagaan secara berjenjang, melakukan evaluasi terhadap program kerja dalam kurun waktu 2014-2019, dan terciptanya sinergitas program antara majelis besar, majelis daerah, majelis resort dan majelis kelompok agama hindu kaharingan.

“Kemudian, tujuan merumuskan dan menetapkan program prioritas yang paling mendesak dan yang menjadi kebutuhan umat hindu kaharingan di daerah, dan juga menyusun kepengurusan majelis daerah agama hindu kaharingan kabupaten katingan masa bakti 2019-2024,” terang Susanto Kurniawan.

Lanjutnya menjelaskan, peserta Musda IV tahun 2019 ini, ada berjumlah 47 orang diikuti dan dihadiri, dari unsur majelis pertimbangan sebanyak 2 orang, unsur pimpinan dan pengurus majelis daerah agama hindu kaharingan katingan sebayak 10 orang, dan unsur ketua dan sekretaris MR-AHK Kecamatan ada 22 orang.

Kemudian, unsur organisasi yang bernafas agama hindu kaharingan LPT-IK, PPMP-AHK, PW-AHK, PERADAH, PHDI, WHDI, tokoh agama, sebanyak 7 orang, dan Ketua MK-AHK Kecamatan Katingan Hilir 4 orang.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan semua pihak yang telah dengan sangat luar biasa mempersiapkan pelaksanaan musyawarah daerah ini. Sehingga dapat terlaksana dengan baik, dan berjalan lancar. Kepada seluruh peserta, kami mengucapkan selamat melaksanakan Musda serta dapat menghasilkan keputusan terbaik untuk kemajuan umat hindu kaharingan di Kabupaten Katingan,” pungkasnya.

Sementara, dalam kesempatan itu. Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Katingan telah melakukan pembinaan dan pelayanan kepada umat Hindu Kaharingan Dalam hal ini yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah adalah Pembangunan Balai Basarah, pembangunan/ pengadaan sarana prasarana pendukung Rumahr Ibadah, dan lain-lainnya.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami mengucapakan selamat bemusyawarah kepada seluruh Umat Hindu Kaharingan semoga Musda ini dapat berjalanlancar, aman, tertib dan menghasilkan keputusan terbaik untuk umat kemajuan Umat Hundu Kaharingan,” singkatnya.

(ar/beritasampit)