Pemkab Sukamara Launching Batako Plastik

Batako Plastik : ENN/BS - Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi saat menggunakan batako plastik untuk bangunan TPS di Kelurahan Padang, Kecamatan Sukamara.

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melaunching penggunaan batako plastik untuk pembuatan Tempat Penampungan Sampah (TPS) oleh Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi di Kelurahan Padang, Jumat (15/11/2019).

Ahmadi mengatakan bahwa batako plastik yang diluncurkan tersebut merupakan salah satu inovasi dalam mengatasi masalah persampahan saat ini.

“Saat ini plastik telag menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat, dengan segala keunggulannya,” ucap Ahmadi.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upaya Semua Desa Terjangkau Sinyal Telekomunikasi

“Namun dengan keunggulan plastik ini, masyarakat ternyata berlebihan dalam penggunaannya, sehingga dampaknya jumlah sampah plastik semakin meningkat,” jelas Ahmadi.

Karena itu, lanjut Ahmadi mengatasi masalah sampah plastik yang menjadi beban terhadap lingkungan maka batako plastik menjadi solusi mengurangi penumpukan sampah tersebut.

“Bahan dasar batako plastik ini adalah pasir dan sampah plastik dengan komposisi 7,5 kilogram banding 1,5 kilogram yang menghasilkan batako yang kuat,” terang Ahmadi.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Sukamara Buka Musrenbang RKPD

“Meski batako ini tidak menggunakan semen namun, tidak kalah dengan batako semen, produk ini kuat tidak rapuh jadi dapat dipakai untuk pembuatan bangunan, contohnya pembangunan TPS yang menggunakan batako plastik ini, ” tukas Ahmadi.

(enn/beritasampit.co.id)