Rektor IAIN Minta Khatib Laksanakan Sembilan Seruan

DR Khairil Anwar

PALANGKA RAYA – Rektor IAIN Palangka Raya, DR Khairil Anwar, menegaskan perlunya penguatan cara pandang, sikap maupun praktik beragama, sebagai jalan pengembangan penyiaran beragama untuk perdamian dan keselamatan umat.

“Harus menerapkan sembilan ceramah agama (khutbah) dirumah ibadah” tegas DR Khairil Anwar di hadapan 40 Peserta Khatib se Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (18/11), di Palangka Raya.

‘Ke sembilan seruan itu memiliki
Pemamahaman dan komitmen tujuan utama diturunkannya Agama Islam. Kedua berdasarkan pengetahuan ajaran pokok agama Islam yang memadai. Ketiga disampaikan dalam kalimat santun dalam ukuran dan kepatutan serta ujaran kebencian dilarang agama manapun,” sambung Khairil Anwar.

Sedangkan ke empat kata Khairil bernuansa mendidik berupa nasehat dan pengetahuan yang mengarah kepada kebaikan serta penyempurnaan ahlak. Untuk kelima jelas mantan aktivis HMI itu materinya tidak bertentangan dengan Pancasila dan UU 1945.

“Ke enam materi tidak bertentangan dengan Suku Agama, Ras dan Antargolongan. Tujuh tidak bermuatan penghinaan, penundaan dan pelecehan pandangan, keyakinan dan praktik ibadah umat beragama. Ke delapan, tidak bermuatan kampanye poltik praktis dan promosi bisnis. Ke sembilan tunduk pada ketentuan yang berlaku,” tutupnya. (Rls)