Danau Seluluk Pantas Jadi  Obyek Wisata

MONITORING - Komisi B DPRD Kobar saat monitoring ke danau seluluk di Mendawai Seberang

PANGKALAN BUN – Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kobar H.Dicky Zulkarnaen mengatakan, Danau Seluluk di Kelurahan Mendawai Sebrang yang bisa dilalui dengan perahu klotok dari DAS Lamandau arah ke Kecamatan Kolam,perlu digali menjadi salah satu obyek wisata air.

“Di Kabupaten Kobar, obyek wisata bukan hanya Taman Nasional Tanjung Putting, tapi banyak yang lainnya yang perlu digali, misal danau seluluk dijadikan obyek wisata pemancingan,” kata Dicky Zulkarnain Senin (18/11/2019).

Dijelaskan Dicky, potensi Kabupaten Kotawaringin Barat di sektor pariwisata sangat menjanjikan.Sehingga Kobar di Provinsi Kalteng telah menjadi pintu gerbangnya wisata.

“Saat Komisi B melalukan monitoring ke danau seluluk di Mendawai Seberang, kami menilai danau seluluk bisa di jadikan destinasi wisata susur sungai dan pemancingan karena danaunya masih asri dan alami,” kata H Dicky Zulkarnaen dari Fraksi Partai Nasdem.

BACA JUGA:   Bambang Suherman : Di Surabaya Blangko e-KTP Habis, Diganti ID Card

Selain itu juga lanjut Dicky Zulkarnaen, akses menuju danau seluluk sangat mudah dan tidak jauh dari Kota Pangkalan Bun, sehingga sangat memungkinkan untuk dijadikan tujuan destinasi baru yang terintegrasi dengan susur sungai Arut.

“Berdasarkan hasil Monitoring itu maka kami akan dorong agar Pemkab kobar dalan hal ini Dinas Pariwisata untuk melakukan mengkaji di danau seluluk mengingat Danau seluluk sangat berpotensi untuk di kembangkan menjadi tempat tujuan wisata,” ujar Dicky Zulkarnaen.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Reses ke Aruta Disambut Jalan Rusak

Selain sebagai tempat tujuan wisata, lanjut Dicky, Danau seluluk juga berpotensi untuk dikembangkan budidaya ikan air tawar karena kondisi air danau seluluk masih bersih dan belum tercemar.

“Pada saat monitoring, kami juga sempat meninjau ke lokasi pengembangan budidaya ikan air tawar, dimana kami mendapatkan keluhan dari petani keramba ikan air tawar masalah pakan ikan yang mahal yang menyebabkan harga ikan pun selalu mahal meksi potensi sangat besar untuk di kembangkan, hal ini yang akan kami sampaikan kepada Pemkab kobar agar bisa memberikan solusi mengenai pakan ikan,” pungkas Dicky Zulkarnaen. (Man).

.