Fasilitas di Puskesmas Sukamara Lengkap, Namun Kekurangan SDM

Antre : ENN/BS - Pasien di Puskesmas Sukamara saat mengantre untuk mendapat perawatan.

SUKAMARA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sukamara, Amir Sapiyudin menerangkan bahwa fasilitas di seluruh puskesmas Kabupaten Sukamara telah terpenuhi dan lengkap, namun hal itu masih belum ditunjang dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM).

“Untuk fasilitas alhamdulillah, kita hanya kekurangan SDM saja,” kata Amir Sapiyudin, Selasa (19/11/2019).

“Fasilitas di puskesmas di luar Kecamatan Sukamara sudah terpenuhi,” jelas Amir.

Amir menerangkan bahwa pihaknya telah beberapa kali mengusulkan untuk penambahan SDM dalam bidang kesehatan yang akan ditempatkan di puskesmas namun belum sesuai dengan harapan.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upaya Semua Desa Terjangkau Sinyal Telekomunikasi

“Kita sudah beberapa kali mengusulkan baik yang penerimaan daerah sampai yang program nusantara sehat tapi masih belum ada,” terang Amir.

Pemerintah Kabupaten Sukamara terus berupa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satu yang dilakukan adalah dengan penerapan akreditas terhadap puskesmas dan rumah sakit umum daerah.

Selain itu Pemkab Sukamara juga terus berusaha untuk menambah petugas kesehatan dengan membuka lowongan CPNS dengan formasi paling banyak tenaga kesehatan dan pendidikan.

BACA JUGA:   Petani di Pesisir Sukamara Mulai Panen Padi

Kabupaten Sukamara menerima kuota 198 formasi CPNS dari 854 formasi yang telah diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Yang paling banyak kuotanya tenaga Kesehatan dan Pendidikan ya,” kata Sekda Sutrisno. (enn/beritasampit.co.id)