Pramuka Miliki Peran Dalam Memajukan Pendidikan

Buka KML : ENN/BS - Para peserta yang merupakan anggota pramuka pada pembukaan kursus KML, Selasa (19/11/2019).

SUKAMARA – Gerakan Pramuka selama ini telah memberikan peran san sumbanhsih pada kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Ketua Kwarcab Sukamara, Ahmad Zunani saat membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) di Balai Pelatihan Guru (BPG), Selasa (19/11/2019).

“Kita ketahui bahwa masa depan bangsa akan tergantung pada pendidikan anak-anak dan pemuda dimasa sekarang,” ujar Ahmad Zunani.

Menurutnya pendidikan harus dilakukan mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan formal atau sekolah sampai dengan lingkungan masyarakat.

“Gerakan pramuka sebagai salah satu lembaga pendidikan non formal bagi generasi muda, yang pendidikannya dilakukan diluar lingkungan keluarga dan sekolah telah memberikan peran yang tidak sediki bagi kemajuan pendidikan,” jelas Ahmad Zunani.

Ahmad Zunani mengharapkan agar gerakan pramuka dapat memberikan peran yang lebih besar lagi bagi pendidikan di Sukamara, terutama dalam mendidik generasi milenial.

“Harus ada saling pengertian dan kerjasama yang baik antara pendidikan di sekolah, orang tua di rumah dan para pimpinan atau pembina pramuka, sehingga anak memiliki moral yang baik,” tukas Ahmad Zunani. (enn/beritasampit.co.id)