Seluruh Puskesmas di Sukamara Telah Terakreditasi

Antre : ENN/BS - Pasien di Puskesmas Sukamara saat mengantre untuk mendapat perawatan.

SUKAMARA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sukamara, Amir Sapiyudin mengatakan bahwa seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada diwilayah Bumi Gawi Barinjam telah terakreditasi.

“Ada lima puskesmas di Sukamara semua dan semua sudah terakreditasi,” jelas Amir Sapiyudin, Selasa (19/11/2019).

Amir menerangkan bahwa dalam akreditasi puskesmas memiliki beberapa tingkatan, seperti Pukesmas Sukamara akreditas utama sedangkan Puskesmas Permata Kecubung, Pantai Lunci dan Puskesmas Jelai berakreditasi Madya dan Puskesmas Balai Riam berakreditasi Dasar.

BACA JUGA:   Diskeptan Sukamara Kembali Gelar Pasar Penyeimbang

“Puskesmas kita sudah terakreditasi semua hanya beda tingkatan yang utama itu Sukamara, Madya itu Permata Kecubung, Pantai Lunci dan Jelai lalu Puksesmas Balai Riam akreditas dasar,” rinci Amir.

Akreditasi adalah Upaya dalam Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan tingkat pertama, Pemerintah Kabupaten Sukamara hingga seluruh puskesmas telah terakreditasi.

Amir Sapiyudin menerangkan bahwa puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan milik masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan ditingkat primer, melalui upaya kesehatan perorangan dan kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:   Empat TPS3R dan Tiga Bank Sampah Kelola Sampah di Sukamara

“Ada perubahan besar saat puskesmas telah mendapatkan akreditasi yaitu pada pelayanan yang diberikan kepada masyarakat,” kata Amir.

“Perubahan banyak dan bisa kita rasakan langsung, dimana saat pertama masuk puskesmas tidak ada lagi bau obat atau semacamnya dan masyarakat yang berkunjung juga dibuat nyaman dengan fasilitas penunjang ada taman dan lainnya,” tukas Amir. (enn/beritasampit.co.id)