Cabor Tidak Punya Sekretariat, Ini Penjelasan Ketua KONI Kotim

FOTO : Ketua KONI Kotim Ahyar Umar

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur terdapat 29 cabang olahraga (cabor) aktif di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Namun hingga sekarang, banyak cabor yang tidak memiliki kantor sekretariat.

Ketua KONI Kotim Ahyar Umar mengatakan, pihaknya tidak mengurus mengenai sarana dan prasarana olahraga salah satunya menyiapkan kantor sekretariat masing-masing cabor.

“Itu ranahnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotim,” ucapnya usai press conference Kejuaraan Panahan Terbuka 2019 Dandim 1015/Spt di Aula Kehormatan Prajurit Kodim 1015/Spt, Rabu (20/11/2019).

BACA JUGA:   Bupati Kotim Tegaskan PPPK Tidak Boleh Mengajukan Pindah Tempat Tugas

Ahyar beralasan bahwa ranah KONI hanya sebatas pembinaan cabor berprestasi menuju atlet profesional.

Dia mencontohkan, sarana olahraga yang ada di halaman kantor Dinas Kominfo Kotim, pihaknya tidak bisa merelokasi karena sarana tersebut ranahnya ada di Dispora Kotim.

“Kami tidak punya hak untuk memindahkan sarana tersebut, karena ranahnya Dispora, seandainya tetap kami paksakan itu bisa jadi temuan dan bisa bermasalah kedepannya,” tegas Ahyar.

BACA JUGA:   Jadwal Kapal PT DLU dari Sampit Bulan Maret-April 2024

Mengingat sarana dan prasarana olahraga khususnya di Kotim merupakan wewenangnya Disdpora termasuk kantor sekretariat cabor, Ahyar mengharapkan, dinas terkait untuk mengusulkan anggaran.

“Tidak ada alasan tidak ada punya anggaran, jadi anggarkan mulai sekarang, karena sarana khususnya di depan kantor Dinas Kominfo Kotim itu sudah lama ingin direlokasi ke stadion 29 November namun belum terealisasi hingga sekarang,” pungkasnya.

(ifin/beritasampit)