Kemajuan Sektor Perkebunan di Kalteng Meningkat

FOTO (AUL/BS) - Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng Rawing Rambang (no tiga kiri) saat paparan

PALANGKA RAYA – Direntang waktu tahun 2016 hingga 2019 sektor perkebunan Provinsi Kalimantan mengalami peningkatan terutama pada sektor perkebunan sawit.

Untuk program peremajaan kelapa sawit rakyat pada tahun ini, target nasional untuk Provinsi Kalimantan Tengah seluas 11.440 Ha.

Sampai dengan bulan September 2019 telah terealisasi seluas 4.444,67 Ha atau 38,85% dengan 1.689 kebun yang tersebar di Kabupaten Barito Utara, Sukamara, Palangka Raya, Kobar, Kotim, Seruyan dan Pulang Pisau.

BACA JUGA:   Makin Masif, PKS Serentak Adakan Rakorda di  Akhir Tahun

Demikian diungkapkan, kepala dinas Perkebunan Kalimantan Tengah Ir Rawing Rambang saat menggelar press conference. Selasa, 19/11/2019.

“Pabrik pengolahan hasil perkebunan sawit terus mengalami peningkatan, pada tahun 2019 telah terbangun 5 unit dengan kapasitas produksi 285 ton/TBS/jam,” ujar Rawing.

Tentu bukanlah hal yang mudah, itu semua bisa tercapai atas kerjasama yang baik dari seluruh pihak dan dukungan seluruh masyarakat serta perhatian dari Gubernur H Sugianto Sabran.

BACA JUGA:   Susilo Iker Tamin Dilantik Jadi Kepala Sekertariat Bawaslu Kalteng

“Salah satu faktor pendukung agar taraf hidup masyarakat kebun semakin baik dan sejahtera. Ini sesuai petunjuk dari Bapak Gubernur dan kita menjalankan apa yang sudah menjadi program beliau untuk peningkatan sektor Perkebunan,” pungkas Rawing.

(aul/beritasampit)