Menjelang Pilkades, Polres Katingan Siapkan Pasukan Pengamanan

Editor: Maulana Kawit

KASONGAN – Apel Gelar Pasukan dalam rangka pergeseran pasukan Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan sandi operasi Mantap Praja Bumi Penyang Hinjei Simpei serentak di gelar di Kabupaten Katingan pada tahun 2019, di halaman Polres Katingan, Selasa (19/11/2019).

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, SIK yang diikuti oleh Wakapolres Katingan, Forkopimda Kabupaten Katingan atau yang mewakili, para pejabat utama Polres Katingan, para Kapolsek, para Perwira, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana, Puskemas dan seluruh anggota Polres Katingan.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah mengatakan, Pilkades bisa dikatakan sebagai penanda utama demokrasi, karena masyarakat diajak untuk ikut serta dalam menentukan kepala desa.

Menurutnya, Pilkades serentak 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing desa dan mengingat penting serta strategisnya Pilkades bagi keberlangsungan Pemerintahan di wilayah Kabupaten Katingan.

Maka Polres Katingan memiliki tanggung jawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkades serentak di 76 Desa.

“Ada sebanyak 176 Personil Polres Katingan berikut jajaran Polsek,” ungkap AKBP Andri Siswan Ansyah.

Sedangkan pola pengamanan untuk TPS terdiri dari TPS aman sebanyak 54 dan TPS rawan sebanyak 161.

“Saya yakin dan percaya seluruh personil Polres Katingan mampu dalam pengamanan Pilkades serentak tahun 2019 ini,” tegasnya.

Ia juga berpesan kepada semua personil untuk serius dan sungguh-sungguh dalam mengemban tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

“Ingat menjunjung netralitas dalam pengamanan Pilkades serentak tahun 2019 ini,” pungkasnya.

(ar/beritasampit)