Pilkada Langsung Bakal Dievaluasi

KETERANGAN PERS: HMS Kemendagri/BS- Mendagri Tito Karnavian memeberi keterangan pers usai menghadiri Rapat Kerja dengan Komite I DPD RI di Jakarta, Senin (18/11).

JAKARTA-Pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada langsung bakal di evaluasi oleh Kementrian Dalam Negeri atau Kemendagri.

Rencana tersebut dikemukan oleh Mendagri, Tito Karnavian menjawab pertanyaan awak media, Senin (18/11/2019).

Menurut mantan Kapolri ini, semua kebijakan publik apalagi menyangkut masyarakat banyak, menyangkut sistem pemilihan, itu juga perlu dievaluasi setelah berapa lama.

BACA JUGA:   KPU Kotim Minta Paslon Daftarkan Medsos, Maksimal 20 Akun

“Nah kemudian evaluasi itu harus dilakukan dengan mekanisme evaluasi kajian akademis, jangan kajian empirik berdasarkan pemikiran semata,” jawab Mendagri mengutup, setkab.go.id.

Lebih lanjut Tito menjelaskan, diperlukan metode penelitian untuk mengevaluasi pelaksanaan Pilkada secara langsung melalui institusi yang reliabel.

“Metode penelitiannya juga harus dilakukan secara benar oleh institusi yang reliabel yang reputasinya bagus,” ucapnya.

BACA JUGA:   75.219 DPT Disahkan, Ketua Pelaksana Harian KPU Bartim Imbau Warga Gunakan Hak Pilih

“Mungkin tiga sampai empat kajian lembaga penting yang terkenal baru kita lihat hasilnya, bisa saja temuannya nanti menyatakan bahwa publik lebih sepakat dengan Pilkada langsung terus dilanjutkan. Kita otomatis why not (kenapa tidak, red),” timpalnya.

(gra/beritasampit.co.id)