TP PKK Kabupaten Katingan Gelar Rakon, Ini yang Dibahas

RAKON TP PKK : AR/BS - Suasana Rakon TP PKK Kabupaten Katingan, di gedung Salawah Kasongan, Rabu (20/11/2019).

Editor: Maulana Kawit

KASONGAN – Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Katingan gelar Rapat Konsultasi (Rakon) dengan TP PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Katingan, di gedung Salawah Kasongan, Rabu (20/11/2019).

Kegiatan Rakon dihadiri dan dibuka langsung Bupati Katingan Sakariyas, dan juga hadir Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, SIK, Perwira Penghubung 1015 Kodim Sampit di Kasongan Mayor Inf Supriyanto, dan sejumlah pejabat termasuk unsur Forum Koordinasi Pemerintah Daerah, serta tamu undangan yang hadir.

Ketua TP PKK Kabupaten Katingan sekaligus ketua panitia, Daurwaty mengatakan pelaksanaan kegiatan rapat konsultasi atau Rakon PKK ini merupakan agenda yang dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang mulai dari Pusat, Provinsi hingga Kabupaten yang bertujuan untuk menginformasikan krbijakan kelembagaan dan program kerja.

“Tema kegiatan Rakon PKK tahun 2019 kita edukasikan pengurangan pengguna kantong plastik serta pencegahan dan penanggulangan stunting untuk mencapai keluarga yang sehat dan ramah lingkungan,” terang Daurwaty.

Lanjutnya, tujuannya untuk mewujudkan gerakan PKK yang berkualitas dan profesional, meningkatkan kualitas pelaksanaan 10 program pokok PKK, meningkatkan kerja sama kemitraan dengan lembaga, institusi, swast/dunia usaha dan lintas sektor lainnya.

Kemudian, mendukung kebijakan pemerintah dalam pengurangan penguna kantong plastik dalam menuju masyarakat yang ramah lingkungan, dan juga mendukung pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Katingan.

“Peserta yang mengikuti kegiatan Rakon yaitu pengurus TP PKK Kabupaten Katingan, Pengurus TP PKK Kecamatan dan Desa Kelurahan Se-Kabupaten Katingan,” ucapnya.

Daurwaty menambahkan, materi yang akan disampaikan, yakni tentang pengurangan pengunaan kantong plastik dengan narasumber kepala dinas lingkungan hidup Kabupaten Katingan.

Perencanaan dan penanggulangan stunting dengan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Katingan, dan Peran PKK dalam pembangunan desa oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Katingan.

“Disamping diberikan materi, dilaksanakan juga lomba-lomba penyuluhan Pokja, lomba yel-yel PKK dan lomba fashion show bagi ketua TP PKK Kecamatan,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Katingan mengatan TP PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan pengerak pada masing-masing jenjang, serta merumuskan rencana kerja tindak lanjut gerakan PKK yang terintegrasi antara Kabupaten dan Kecamatan.

“Saya berharap agar PKK disetiap jenjang benar-benar bisa mengimplementasikan secara riil program-programnya untuk kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.

(ar/beritasampit)