Bupati Seruyan Ingatkan Masyarakat Jaga Kelestarian Perairan

Foto : RDI/BS - Bupati Seruyan Yulhaidir saat menghadiri kegiatan Hari Ikan Nasional

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan Yulhaidir mengimbau kepada seluruh masyarakatnya agar ikut menjaga dan melestarikan alam khususnya perairan serta ekosistem, guna menjaga sumberdaya yang dihasilkan.

“Bersama kita jaga sungai dan makhluk hidup didalamnya, kalo perlu bila ada yang merusak di tangkap saja,” kata Yulhaidir saat membuka Peringatan Hari Ikan Nasional di Stadion Mini Gagah Lurus Kuala Pembuang, Kamis (21/11/2019).

Orang nomor satu di Bumi Hantantiring itu, menjelaskan saat ini pemerintah melalui dinas perikanan telah mengupayakan untuk memulihkan populasi stock ikan yang ada di perairan umum daratan (PUD), terutama pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan jumlah hasil tangkapan akibat pemanfaatan hasil hutan yang berlebihan.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Ikuti Rapat Inflasi Mingguan dan Gerakan Pangan Murah

“Kita akan melakukan kegiatan restocking atau memperbanyak stok ikan salah satunya di kecamatan Seruyan Hilir yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi dan peran utama perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang,” jelasnya.

Maka dari itu bupati Seruyan mengimbau Kepada seluruh masyarakat untuk tidak menangkap ikan dengan cara setrum ataupun dengan menggunakan bahan kimia yang dapat merusak ekosistem perairan dan ia mengajak masyarakat untuk bersama ikut melestarikan alam terutama di perairan agar ekosistem tetap terjaga.

BACA JUGA:   Staf Ahli Bupati Seruyan Ikuti Rapat Pengendalian Inflasi

“Kita imbau pada petugas keamanan bila memang ada masyarakat yang kedapatan melakukan sentrum atau meracun, atau ilegal fishing agar diamankan saja dan diberikan hukuman sesuai aturan,” tegasnya.

(rdi/beritasampit)