Setahun, Produksi Ikan di Kobar 85 Ribu Ton

MAKAN IKAN - Wabup Kobar Ahmadi Riansyah, saat mencicipi Ikan.

Editor: Akhiruddin

PANGKALAN BUN – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah berhasil meningkatkan konsumsi ikan. Hal itu terbukti dengan meningkatnya angka konsumsi ikan di Kobar setiap tahunnya. Dengan meningkatnya angka konsumsi ikan, Pemkab Kobar optimis dapat menurunkan angka stunting.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah mengatakan bahwa Kabupaten Kobar memiliki panjang pantai 174 km hal itu yang membuat potensi hasil laut di Kobar sangat melimpah. Terbukti hasil dari laut mencapai 85,4 ribu ton tiap tahunnya. Sehingga melalui peringatan hari Ikan Nasional Tahun 2019, Pemkab Kobar mengajak masyarakat agar ikut serta dalam pelestarian habitat laut.

BACA JUGA:   Bulan Ramadan, Kapolres Kobar Imbau Personel Tak Kendur Jaga Kamtibmas

“Dengan melimpahnya hasil laut dari Kabupaten Kobar, dimana Kobar sebagai daerah pemasok ikan laut ke Kalimantan Barat, Kabupaten Sukamara dan Lamandau, hal itu tentunya dapat meningkatkan perekonomian nelayan kita,” kata Wakil Bupati Ahmadi Riansyah.

Wakil Bupati pun menambahkan melimpahnya hasil laut pun seiring waktu berdampak pada kesadaran masyarakat akan manfaat makan ikan, dimana Konsumsi ikan di Kobar setiap tahun mengalami peningkatan.

“Peningkatan konsumsi ikan yakni dari 46,25 Kg per Kapita tahun 2015 menjadi 50 Kg per Kapita di tahun 2018 dan tahun ini ditargetkan menjadi 52 kg per kapita,” kata Ahmadi Riansyah saat memberikan sambutan dalam acara peringatan hari ikan nasional ke-6, di Pangkalan Bun Park, Kamis (21/11/2019).

BACA JUGA:   Pembangunan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap Mendapat Perhatian Khusus dari Pemkab Kobar

Ahmadi juga menambahkan hal ini terus akan ditingkatkan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, daerah, dunia usaha, maupun masyarakat umum.

“Dengan meningkatkan mengkonsumi ikan bertujuan pemenuhan gizi dan protein masyarakat, makan ikan merupakan salah satu kontributor utama dalam membangun generasi yang sehat, cerdas, kreatif dan produktif, dimana dalam peningkatan konsumsi ikan tentu tidak lepas dari penyiapan generasi kita yang unggul, agar ke depan siap bersaing,” terang Ahmadi Riansyah (Man).