Sebagian Besar Wilayah Barsel Memasuki Musim Hujan

Kepala BMKG Barsel, Musuhayana

Editor : Maulana Kawit

BUNTOK – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menyatakan, saat ini disebagian besar wilayah Barsel memasuki musim hujan.

Hal tersebut berdasarkan, dari hasil pengamatan BMKG Barsel aktifitas monsun asia, pusat tekanan rendah dan daerah konvergensi sudah mulai aktif.

“Akibatnya, di wilayah pulau Kalimantan khususnya Barsel terjadi penambahan curah hujan untuk beberapa hari kedepannya,”kata Kepala BMKG Barsel Musuhayana, SE kepada beritasampit.co.id saat ditemui diruang kerjanya Minggu (24/11/2019).

Dikatakan Musuhaya, kondisi tersebut diperkuat dengan adanya pelemahan monsun Australia yang ditandai oleh melemahnya pusat tekanan tinggi di wilayah tersebut yang mengakibatkan massa udara.

“Dari benua Asia, yang bersifat lembab dan hangat terdorong ke wilayah Indonesia sehingga kondisi ini menyebabkan terjadinya pertumbuhan awan hujan,”katanya.

Menurutnya, pada bulan Desember 2019 ini untuk prakiraan curah hujan di wilayah kabupaten yang bertajuk Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

“Pada kategori, menengah dengan sifat hujan bawah normal hingga normal dari rata-ratanya,”jelas Musuhayana.

Lebih lanjut Kepala BMKG Barsel ini mengimbau, untuk menghadapi kondisi musim penghujan diharapkan bagi seluruh mayarakat Barsel agar perlu mewaspadai wilayah yang rentan terhadap bencana yang ditimbulkan seperti.

“Akan bencana banjir, genangan, tanah longsor dan bencana angin kencang,” imbuh Musuhayana.

Ditambahkannya, adapun beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan antara lain mengganti atap rumah yang retak dan bocor, bersihkan saluran pembuangan (red-talang air) dari daun-daun atau sampah.

Kilat atau petir, dapat membuat suplai listrik terputus tidak ada salahnya untuk mempersiapkan sumber listrik cadangan, kenali lebih dalam terkait potensi kebencanaan di wilayah masing-masing.

“Serta, bekali diri dengan selalu meng-update informasi terkini terkait cuaca melalui portal resmi BMKG Barsel,”pungkas Musuhayana.

(ded/beritasampit)