Pencegahan Kebakaran di Wilayah Kawasan Harus Dimaksmalkan

Loka Karya : ENN/BS - Loka Karya yang digelar Oleh BKSDA Kalteng di Aula Kantor Bupati, Rabu (27/11/2019).

SUKAMARA – Asisten I Setda Sukamara Warianto mengatakan, Lokakarya pengendalian Kebakaran di Suaka Margasatwa (SM) Lamandau dan daerah penyangga sangat penting mengingat dampak dan bahaya kebakaran sangat nyata baik bagi manusia, alam dan satwa yang ada di kawasan SM Lamandau.

Hal ini karena kawasan SM Lamandau merupakan satu-satunya suaka margasatwa yang ada di Kalimantan Tengah dan perlu dijaga kelestariannya, karena itu pentingnya memaksimalkan pencegahan kebakaran di kawasan tersebut.

“Saya yakin kita semua ingin terbebas dari kebakaran hutan maupun lahan, tetapi untuk mewujudkan keinginan tersebut butuh aksi bersama, melalui forum inilah diharapkan kita bisa meningkatkan sinergitas yang telah terjalin selama ini,” terang Warianto, Rabu (27/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Warianto juga menjelaskan dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang terus terjadi setiap tahun, dimana banyak korban yang menjadi korban dari adanya kabut asap dari kebakaran.

“Berapa banyak yang sudah terserang Ispa karena menghirup kabut asap. Saya berharap dengan loka karya ini ditemukan cara untuk melindingi suaka margasatwa sungai Lamandau dari kebakaran,” tukas Warianto. (enn/beritasampit.co.id)