BKSDA Kalteng dan OF-UK Indonesia Tanam Ribuan Pohon di Suaka Margasatwa Lamandau

Taman Pohon : IST - BKSDA Kalteng dan OF-UK Indonesia bersama dengan pelajar dan Dinas Lingkungan Hidup Sukamara.

SUKAMARA -Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam BKSDA Kalteng dan OF-UK Indonesia menggelar penanaman pohon di area Pos Penjagaan dan Pemantauan Danau Burung, Suaka Margasatwa (SM) Lamandau.

Supervisor Reforestasi OF-UK Indonesia, Suparyanto, menerangkan jika kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan kegiatan reforestasi yang dilakukan oleh OF-UK Indonesia bersama BKSDA Kalteng dengan melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Sukamara, Provinsi Kalimantan tengah dan juga pelajar di wilayah tersebut .

Suprayanto menjelaskan jika OF-UK Indonesia telah melakukan kegiatan reforestasi di Suaka Margasatwa Lamandau sejak tahun 2015 di tiga lokasi.

“Kami telah melakukan reforestasi di tiga lokasi di SM Lamandau yaitu di area Pos Danau Burung, area Pos Sungai Pasir, dan area Pos Perapat,” rinci Suprayanto, Jumat (29/11/2019).

Reforestasi atau reboisasi yang merupakan pembentukan kembali hutan yang pernah gundul, secara alami maupun buatan. Capaian wilayah yang sudah ditanami sampai saat ini sekitar 35 hektar dengan jumlah bibit yang ditanam sebanyak 59.058 batang.

“Tahun ini akan ditanam sekitar 15 ribu bibit di tiga lokasi dengan luasan 15 hektar,” jelas Suprayanto.

“Bibit yang ditanam merupakan pohon pakan orangutan yang relatif tahan dari api, seperti ubar samak, ubar putih dan ubar jambu,” tukasnya. (enn/beritasampit.co.id)