Dekan: Alumni Syariah Bisa Diterima Dimanapun

Editor: Akhiruddin

PALANGKA RAYA – Mutu perguruan tinggi belum bisa dikatakan ideal jika banyak lulusannya yang menjadi pengangguran.
Walaupun tidak ada kewajiban untuk menjaminkan pekerjaan bagi mahasiswa, namun pimpinan kampus punya tanggungjawab moril agar mereka dapat bekerja.

Berbeda dengan perguruan tinggi satu ini. Berbagai terobosan dilakukan untuk menekan angka pengangguran Sarjana di Indonesia, yang menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) mengalami kenaikan signifikan dari sebelumnya 4,31 persen (Februari 2014) menjadi 6,89 persen (Februari 2019).

“Kita harus siap menghadapi fakta itu (pengangguran), jadi kita akan buat tim untuk mengkaji lebih lanjut permasalahan dan solusi yang akan diterapkan,” ujar Dr H Abdul Helim saat dimintai tanggapannya oleh beritasampit.co.id pada Jum’at (29/11/2019).

Pria yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya itu menambahkan jika pihaknya sedang berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusannya.

“Kami akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak nantinya, baik dengan pemerintah kota atau daerah bahkan perguruan tinggi lainnya”, tambahnya.

Menurutnya, mahasiswa lulusan Fakultas Syari’ah itu bisa ditempatkan dimana saja, sehingga peluang kerja tidak terbatas pada satu bidang keilmuan yang diambilnya.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan pembicaraan dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengenai peluang bagi alumni kita untuk menjadi guru”, tutupnya.

(Ars/beritasampit.co.id)