Petinju Legendaris Filipina Manny Pacquaio Nyalakan Obor Pembukaan SEA Games 2019

Opening Cerimony (BS/IST) : Kemeriahan pembukaan SEA Games 2019 ditandai dengan penyalaan obor SEA Games dan pesta kembang api.

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2019 Filipina dibuka malam ini.
Menampilkan tema inklusif yang kuat, mulai dari tarian prajurit yang kompleks hingga perjuangan dari kelompok-kelompok yang terpinggirkan di Filipina, pembukaan ke 30 ini menampilkan keindahan dari Filipina yang bersatu.

Pada malam pembukaan juga dilakukan devile 11 negara peserta dan disaksikan puluhan ribu penonton yang memenuhi Philippine Arena, Bulacan, yang merupakan gedung indoor terbesar di dunia.

Philippine Arena, Bulacan juga tercatat dalam Guinness Book of Record sebagai gedung serbaguna indoor terbesar di dunia dengan memiliki kapasitas 55 ribu penonton.

Opening Cerimony (BS/IST) : Kemeriahan pembukaan SEA Games 2019 ditandai dengan penyalaan obor SEA Games dan pesta kembang api.
Opening Cerimony (BS/IST) : Kemeriahan pembukaan SEA Games 2019 ditandai dengan penyalaan obor SEA Games dan pesta kembang api.

Kontingen pertama devile perwakilan dari Brunei Darussalam dan Kamboja, disusul Indonesia. Sebagai pembawa bendera Merah Putih kontingen adalah atlet polo air putra Ridjkie Mulia. Kontingen Indonesia yang sebagian mengenakan pakaian adat khas Nusantara mendapat respon luar biasa.

Setelah Indonesia disusul kontingen Laos, Malaysia Myanmar. Kontingen berikutnya Singapore, Thailand, Timor Leste, Vietnam, serta tuan rumah Philipina.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari chairperson PHISGOC, Alan Peter S Cayetano, dan dilanjutkan oleh Presiden Komite Olimpiade Filipina, Abraham N Tolentino.

Setelah itu, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan SEA Games 2019 dibuka.

Pembukaan ditandai dengan pengibaran bendera federasi SEA Games yang dibawa 8 atlet legendaris Filipina, diantaranya, Lydia De Vega-Mercado (pelari wanita tercepat di Asia selama 8 tahun), Akiko Thomson-Guevarra (perenang wanita peraih 7 kali medali emas SEA Games), Eric Buhain (perenang pria peraih 15 kali medali emas SEA Games), Alvin Patrimonio (atlet basket putra, peraih 4 kali juara PBA MVP dan medali emas SEA Games), Bong Coo (atlet bowling wanita, 4 kali Juara dunia), Efren Reyes (atlet billiar bola delapan, 4 kali juara dunia), Mansueto Velasco (petinju peraih 2 medali emas SEA Games dan medali perak olimpiade) dan Rafael Nepomuceno (atlet bowling pria, 6 juara dunia).

Selanjutnya dilakukan sumpah atlet dan para wasit, Atlet Sofball Filipina, Francesca Altomonte, sedangkan sumpah wasit dibacakan oleh Daren Vitug selaku Esports Official.

Kemeriahan semakin membahana saat petinju legendaris Filipina, Manny Pacquaio membawa masuk obor SEA Games. Didampingi petinju putri Filipina Nesthy Petecio, Manny Pacquaio akhirnya obor SEA Games dinyalakan di Philippine Arena, Bulacan. diiringi 11 penyanyi muda Filipina yang membawakan theme song SEA Games “We Win As One”

Penonton yang hadir juga dihibur oleh pelantun The Way You Look at Me Christian Bautista yang tampil memukau bersama Aicelle Santos. Pembukaan kemudian ditutup dengan letupan-letupan kembang api yang meriah.

SEA Games 2019 akan berlangsung dari tanggal 30 November hingga 11 Desember 2019, diikuti sekitar 5500 atlet dari 11 negara di Asia Tenggara. Mereka akan memperebutkan 4850 Medali dari 56 cabang olahraga dan Indonesia akan mengikuti 52 cabang olahraga yang dipertandingkan.

(jun/beritasampit)