Dewan Apresiasi Pembongkaran Jamban di Sepanjang Jalan Trans Kalimantan Kota Kasongan

PEMBONGKARAN JAMBAN : IST/BS - Suasana saat Dinas Kesehatan Katingan membongkar jamban-jamban di jalan Trans Kalimantan

Edito : Maulana Kawit

KASONGAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan melakukan pembongkaran belasan jamban yang dibangun di atas drainase (parit) di sepanjang jalan trans Kalimantan, antara Bukit Batu hingga diperbatasan antara Kabupaten Katingan dengan Kota Palangka Raya, baru-baru ini.

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai salah satu cara dalam meminimalisir aktifitas warga masyarakat yang masih buang air besar sembarangan sekaligus untuk mendukung program pemerintah tentang Germas dengan strategi stop buang air besar sembaranf dan bebas jamban di sungai menuju universal akses tahun 2019.

BACA JUGA:   Bupati Sakariyas Buka Secara Resmi Pesparawi Ke VI di Kecamatan Marikit

Terkait hal itu, Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Fahrul Razi mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan.

Karena, menurutnya apabila jamban-jamban tersebut masih tetap berdiri dan tidak dibongkar, yang mendapat malu bukan hanya Pemerintah Kabupaten Katingan saja, tapi sebagai masyarakat Katingan.

“Pasalnya, keberadaan jamban-jamban tersebut dibangun persis di kiri-Kanan bahu jalan, tepatnya di atas parit, masuk wilayah Kabupaten Katingan. Sehinga, saat orang memasuki ibukota Kabupaten Katingan, yang terlihat pertama kali adalah jamban,” sebut
Fahrul Razi, kepada sejumlah wartawan, Sabtu (30/11/2019) kemaren.

BACA JUGA:   Kerukunan Warga Dusmala Katingan Gelar Perayaan Natal Bersama

Selain sangat mengapresiasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, juga meminta agar pembongkaran bangunan jamban di atas parit itu, tidak hanya sekedar melakukan pembongkaran saja, tapi dibarengi pula dengan pemberian bahan/ material kepada pemilik jamban.

“Sehingga, meskipun jambannya telah dibongkar, secepatnya pula mereka membangun jamban di sekitar bangunan rumahnya sesuai dengan ketentuan,” ucapnya.

(nas/beritasampit.co.id)