Karang Taruna Kota Palangka Raya Gagas Masyarakat Melek Media

Foto Bersama. Puluhan Peserta foto Bersama dengan Pengurus Karang Taruna.

PALANGKA RAYA – Arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digitalisasi disemua aspek.

Selain itu pesatnya perkembangan teknologi membuat informasi menjadi kebutuhan yang penting di tengah masyarakat.

Peran media kini bukan hanya sebagai penyampaian informasi, media juga menjadi sarana penyambung aspirasi masyarakat yang mampu mempengaruhi opini publik kearah pengambilan kebijakan.

Menghadapi tantangan dan peluang tersebut, pengurus Karang Taruna Kota Palangka Raya mendorong peningkatan partisipasi masyarakat untuk lebih melek terhadap media dan informasi.

BACA JUGA:   Peran Mahasiswa dalam Menangkal Terorisme dan Radikalisme

“Alhamdulillah, kegiatan ini diikuti Puluhan muda-mudi dan responya positif terhadap kegiatan sosialisasi literasi media yang digagas Karang Taruna Kota Palangka Raya,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Andre Rizki Perdana, Selesa, 03/12/2019, pagi di Aula Gedung DPD KNPI Kalteng.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Kawit/BS - Puluhan peserta saat mengikuti kegiatan Literasi Media yang digagas Karang Taruna Kota Palangka Raya.
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Kawit/BS – Puluhan peserta saat mengikuti kegiatan Literasi Media yang digagas Karang Taruna Kota Palangka Raya.

Upaya ini dilakukan dalam rangka membantu mewujudkan Visi pemerintah kota Palangka Raya mewujudkan elemen masyarakat smart society (masyarakat cerdas) meliputi pengembangan kesehatan, pendidikan, kepemudaan, layanan publik, kerukunan dan keamanan.

“Kami mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah kota dibawah kepemimpinan Pak Fairid Naparin dan Ibu Umi Mastikah yang terus konsisten membantu Karang Taruna dalam mengembangkan potensi-potensi anak muda,” beber ketua Karang Taruna Kota Palangka Raya Rahmad Handoko yang diwakili sekretarisnya Eddy Sabhana.

BACA JUGA:   Sepasang Kekasih Dijatuhi Hukuman atas Kecurangan Pemilu 2024

Selain itu kegiatan yang dipusatkan di gedung kepemudaan (red.KNPI) ini diharapkan menjadi wadah para generasi muda untuk lebih mengetahui dan memanfaatkan media kearah positif.

“Anggota Karang Taruna harus menjadi pelopor pencetus gerakan cerdas bermedia sosial jangan sampai ikut dalam penyebaran informasi yang tidak benar hoax,” ingat Ketua Karang Taruna Provinsi Kalteng Abdul Hafid.

(Kawit/beritasampit)