Drainase Tidak Berfungsi Maksimal, Hujan Datang Kota Palangka Terandam

Salah satu rumah di Jalan G Obos XII terendam air akibat drainase tidak berfungsi maksimal saat hujan lebat terjadi, dari Selasa Malam hingga pagi, Rabu (4/13/2019). Sumber Foto Facebook @Yunelis Bobo.

PALANGKA RAYA-Kota Palangka Raya diguyur hujan semalaman dari Selasa malam hingga Rabu (4/12/2019) pagi. Akibatnya sejumlah komplek perumahan dalam Kota Palangka Raya tergenang air.

Genangan air tersebut diakibat drainase tidak berfungsi sehingga air hujan meluber ke badan-badan jalan hingga masuk kedalam rumah-rumah warga.

Seperti di komplek perumahan G Obos XII puluhan rumah tergenang, komplek perumahan sekitaran Jalan Garuda, Jalan Tangkasiang air tergenang hingga setinggi 20Cm, di Jalan Pangeran S amudra dan sekitarnya.

BACA JUGA:   Polisi Amankan Rumah Makan Tjilik Riwut, Ada Apa Ya?
Foto Istimewa

Menyikapi masalah ini, Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo berhatap krpada dinas terkait, membentuk tim gabungan dengan tugas mengerahkan personel dan menyiapkan peralatan untuk melakukan normalisasi drainase dan pemeliharaan drainase setiap hari di jalan rawan banjir dan pemukiman rawan banjir.

Melibatkan ahli untuk menghitung ulang drainase yang ada di kota Palangka Raya, apakah jumlah nya cukup? Apakah pembangunannya benar? Apakah alur pembuangan air dari drainase kecil ke sungai/ drainase besar sudah benar? Dll.

BACA JUGA:   Kasat Lantas Polresta Minta Masyarakat Tertib Berlalu Lintas dan Patuhi Protokol Kesehatan

“Mengajak masyarakat untuk aktif bergotong royong memelihara drainase di lingkungan masing-masing dan tidak membuang sampah sembarangan,” saran Sigit.

(gra/beritasampit.co.id)