Eddy Raya : Kades Harus Miliki, Dua Konsep Pendekatan Pembangunan

Bupati Barsel H Eddy Raya Samsuri saat berkunjung di wilayah Desa.

Editor: Maulana Kawit

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Samsuri menyebutkan, untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan wilayah desa selayaknya seorang Kepala Desa (Kades) memiliki dua konsep pendekatan pembangunan wilayah desanya.

“Yakni, konsep desa membangun serta membangun desa dan hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,”kata Eddy Raya Samsuri saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (4/12/2019).

Menurutnya, untuk konsep tersebut sangatlah relevan dengan kewenangan lokal yang berskala desa dan hak usul maka. Untuk konsep, desa membangun akan memastikan bahwa.

“Wilayah desa, merupakan suatu subjek yang utama untuk pembangunan desa,”katanya.

Dijelaskan orang nomor satu di Barsel ini, dikarenakan wilayah desa memiliki keterbatasan untuk menangani sendiri akan semua permasalahan maka. Makna dari, membangun desa menunjuk pembangunan desa oleh pemerintah supra desa.

“Sebab, konsep desa membangun menegaskan bahwa desa berhak untuk merencanakan, melaksanakan, monitoring serta mengevaluasi pembangunan secara mandiri berdasarkan prakarsa desa tersebut,”tandas Eddy Raya Samsuri.

(ded/beritasampit)