Hujan Deras Sebabkan Kota Palangka Tergenang Air, Bahu Jembatan Retak dan Tiang Gardu PLN Ambruk

HUJAN: IST/BS-Hujan lebat melanda Kota Palangka Raya tidak saja menyebabkan sejumlah titik tergenang air, tetapi juga menyebabkan bahu jembatan di ruas Jalan Tjilik Riwut retak dan tiang listrik penyangga gardu milik PLN ambruk.

PALANGKA RAYA- Kepala Dinas PUPR Kota Palangka Raya, Arbert Tombak mengatakan, banjir yang melanda sejumlah titik dalam Kota Palangka Raya merupakan kejadian luar biasa.

Banjir yang disebabkan oleh oleh seluruh primer meluap karena tidak mampu menampung debit air pasca hujan deras, pada Selasa malam hingga Rabu (4/12/2019) pagi tersebut juga menyebabkan retakan bahu jembatan di Jalan Tjilik Riwut.

Selain itu hujan lebat juga menyebabkan tiang listrik penyangga gardu milik PLN ambruk. “Saluran primer ada keterbatasan yang mengalir menuju sungai. Ini yang mengakibatkan meluapnya air karena serapan air setelah hujan kurang maksimal,” mengutip borneonews, Rabu (4/12/2019).

Dia mengatakan saat ini ada 7 saluran air primer di Palangka Raya yang masih aktif. Di antaranya primer Jalan Diponegoro, Primer 1,2,3,4, primer Sakan, primer Lingkar Luar dan primer Bandara.

“Ke depan kami akan melakukan evaluasi lagi mulai dari daya tampung dengan mengeruk atau memperlebar agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” pungkasnya.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo berhatap krpada dinas terkait, membentuk tim gabungan dengan tugas mengerahkan personel dan menyiapkan peralatan untuk melakukan normalisasi drainase dan pemeliharaan drainase setiap hari di jalan rawan banjir dan pemukiman rawan banjir.

Melibatkan ahli untuk menghitung ulang drainase yang ada di kota Palangka Raya, apakah jumlah nya cukup? Apakah pembangunannya benar? Apakah alur pembuangan air dari drainase kecil ke sungai/ drainase besar sudah benar? Dll.

“Mengajak masyarakat untuk aktif bergotong royong memelihara drainase di lingkungan masing-masing dan tidak membuang sampah sembarangan,” saran Sigit.

(gra/beritasampit.co.id)