Tiga Hari Kedepan, Seluruh Daerah di Kalteng Berpotensi Hujan Lebat Dan Angin Kencang

Cuaca : JUN/BERITA SAMPIT - Hujan mengguyur kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, beberapa waktu lalu

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Massa udara yang rendah, pengaruh badai Kammuri di Filipina bagian utara serta sirkulasi siklonik dan lainnya menunjukkan potensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), melalui siaran pers, memprakirakan beberapa wilayah Indonesia berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang hari ini dan besok 5 Desember 2019.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan beberapa wilayah Indonesia salah satunya Jawa Barat masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang sejak 3-5 Desember 2019. Berdasarkan siaran pers BMKG, Selasa (3/12/2019), beberapa indikator, seperti massa udara rendah dan angin taifun Kammuri di Filipina bagian utara serta sirkulasi siklonik dan lainnya menunjukkan potensi hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah Indonesia.

Rabu (4/12/2019), hujan lebat dan angin kencang diprakirakan masih terjadi di wilayah Aceh, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Barat, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Prakiraan pada 5 Desember 2019, kondisi hujan lebat berpotensi melanda Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan wilayah Aceh, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Barat, Jabodetabek, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Papua, diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Khusus untuk Kalimantan Tengah, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang, terjadi hampir di seluruh kabupaten di provinsi ini.

BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir tersebut, agar mempersiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan dan berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruangan.

(jun/beritasampit.co.id)