Indeks Pembangunan Pemuda Kalteng di Bawah Rata-Rata

FOTO BERSAMA - Sejumlah perwakilan pemuda foto bersama dalam acara sosialisasi penyusunan indeks pembangunan pemuda di Kalteng.

Editor: Akhiruddin

PALANGKA RAYA – Kalimantan Tengah menjadi salah satu Provinsi di Indonesia dengan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di bawah rata-rata nasional. Hal ini disampaikan oleh Esa Sukmawijaya, SP, M.Si Kepala Biro Perencanaan Dan Organisasi Kementrian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia, di Palangka Raya Jumat (12/06/2019).

Ada beberapa aspek yang menjadi indikator untuk Indeks Pembangunan Pemuda antara lain Pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan diskriminasi, yang rata rata menunjukan Provinsi Kalimantan Tengah masih berada di bawah standar Nasional.

Disampaikan Esa Sukmawijaya dalam paparan nya bahwa untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda di Kalimantan Tengah dibutuhkan kerjasama berbagai pihak. Terutama organisasi kepemudaan yang ditopang oleh kebijakan dan dukungan dari Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Pemuda Dan Olahraga (DISPORA) Kalteng. “Apalagi tahun 2030 mendatang kita akan menghadapi bonus demografi,” katanya.

BACA JUGA:   Cegah Air Meluap Saat Hujan, Walikota Palangka Minta Warga Gotong Royong Bersihkan Drainase

Pihaknya juga mendorong keterlibatan Kepala Desa dalam meningkatkan kreativitas dan produktivitas Pemuda Desa yang ada di Kalteng. “Dengan jumlah kabupaten dan kota yang ada di wilayah Kalimantan Tengah, bisa tidak kita ambil satu desa dari setiap Kabupaten yang ada untuk dijadikan desa percontohan yang mendukung kepemudaan, saya yakin dengan hal ini IPP Kalteng akan bisa ditingkatkan lagi,” ujar Esa Sukmawijaya.

BACA JUGA:   Catatan Perjalanan Umroh (7); Rumah Nabi Muhammad SAW Kini Jadi Perpustakaan

Gubernur Kalimantan Tengah dalam sambutan nya yang di wakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Tengah, Drs Yuel Tanggara menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tinggi nya kepada Pihak Kemenpora yang telah melaksanakan kegiatan tersebut dalam rangka mensosialisasikan Penyusunan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kalteng.

Pihaknya juga menyampaikan akan bekerja keras dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan IPP Kalteng.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng ini juga dihadiri oleh Kadispora Kalteng Falery Tuwan, SE, Msi beserta jajaran, beberapa lembaga dan organisasi kemasyarakatan serta kepemudaan yang ada di Kalimantan Tengah.
(NA/ beritasampit.co.id)