Pemkab Sukamara Gandeng Investor Kembangkan Serai di Desa Sungai Damar

Tanam : ENN/BS - Bupati Sukamara Windu Subagio (Batik Kuning) saat menanam serai di Desa Sungai Damar.

SUKAMARA – Bupati Sukamara mengatakan bahwa moment penanaman serai di Desa Sungai Damar, Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah merupakan tonggak baru memulai usaha pertanian secara komersial yang berwawasan agribisnis dan berorientasi pasar.

“Salah satu upaya kita mengembangkan pertanian di Sukamara adalah dengan menggandeng investor yang mau menanamkan modal mereka dibidang usaha yang sesuai dengan potensi daerah, salah satunya adalah serai ini,” ungkap Windu Subagio usai menanam serai perdana di Desa Sungai Damar, Sabtu (7/12/2019).

Windu menerangkan bahwa untuk mengembangkan potensi alam di Kecamatan Pantai Lunci dan Jelai, pihaknya telah menggandeng ivestor yang akan mengembangkan usaha pertanian tanaman serai.

BACA JUGA:   Sebelum Gelar Pertemuan, Pipas se - Kalteng Disuguhi Tradisi Adat Istana Kuning

“Ini adalah keberhasilan saudara kita untuk mengembangkan jenis tanaman yang begitu banyak manfaatnya, masyarakat Desa Sungai Damar sudah mau mencoba membuat suatu gerakan seperti ini, dengan tujuan untuk kemajuan desa dan sektor pertanian,” jelas Windu.

Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa Pemkab telah telah menyiapkan 20 hektare lahan untuk pengembangan serai di dua kecamatan.

“Awal tanam sebanyak 120 ribu batang bibit serai yang akan di tanam di Desa Sungai Damar,” kata Windu Subagio.

BACA JUGA:   Bupati Ajak Masyarakat Sukamara Sukseskan Sensus Penduduk Online

“Sedangkan untuk lahan yang disiapkan seluas 20 Hektar nantinya akan jadi percontohan bagi masyarakat untuk mengembangkan tanaman serai, dan 10 hektar sudah siap ditanami dengan serai,” ujarnya.

Bibit tanaman serai dalam program budidaya di Desa Sungai Damar merupakan bibit dari investor yang nantinya akan mendirikan pablik penyulingan minyak serai.

“Nanti masyarakat sekitar bisa ikut mengembangkan tanaman pada lahan ataupun pekarangan yang dimiliki,” tukas Windu. (enn/beritasampit.co.id)