Tawon Bersarang di Rumah Warga, Petugas Bertindak

Ketengan Foto. Salah seorang anggota Tim Rescue Satpol PP dan Damkar saat berakasi mengevakuasi sarang Tawon jenis Vespa Affinis, di salah satu rumah warga. (Foto Damkar).

Editor : Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Tawon (Vespa Affinis) yang bersarang di beberapa perumahan penduduk Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam dekade 6 bulan ini sangat meresahkan warga.

Pasalnya dampak bagi orang yang disengat Tawon tersebut cukup berbahaya, bisa panas dingin dan kepala pening, sehingga harus mendapat perawatan medis, bahkan kalau kondisi orang yang disengat Tawon Vespa Affinis, sedang kedaan sakit maka orang tersebut bisa fatal.

Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Kobar Majerum Purni, melalui Kasi Penyelamatan Damkar Kobar, Dwi Agus Suhartono saat dikonfirmasi Minggu (8/12/2019)

BACA JUGA:   Lahir 1 Juli, 41 Warga Kobar Dapat SIM Gratis Dari Sponsor

“Pada umumnya tawon-tawon jenis Vespa Affinis bersarang di kompleks perumahan, dan tim kami sudah puluhan kali mengevakuasi sarang tawon jenis Vespa itu , bahkan pernah menemukan sarang tawon dengan diameter hingga 1,5 meter dan bobot sarang mencapai 5 kilogram,” kata Dwi Agus Suhartono.

Sebelum mengevakuasi sarang Tawon, petugas dengan pakaian lengkap anti sengatakan mendeteksi dari dekat sarang tawon, sedangkan untuk melakukan evakuasi di pilih malam hari karena kalau siang hari Tawon sangat aktif dan berbahaya.

BACA JUGA:   294 Personel Polres Kobar Rapid Test Massal

“Setelah melihat lubang sarang tawon, kemudian menyemprotkan cairan pembasmi serangga kesekeliling sarangnya, setelah itu lubang sarang tawon ditutup kain yang sudah dicelupkan minyak tanah atau bensin. Kemudian sarang ditutup dan dikikis semuanya setelah itu dimasukan kedalam karung,dan dibakar,” ujar Dwi Agus Suhartono.

(Man/beritasampit).