Investor Akan Borong Serai Masyarakat di Pantai Lunci

Tanam : ENN/BS - Bupati Sukamara Windu Subagio (Batik Kuning) saat menanam serai di Desa Sungai Damar, Sabtu (7/12/2019).

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara tengah berupaya untuk menjadikan Bumi Gawi Barinjam sebagai sentra penghasil serai di Indonesia.

Hal pertama yang dilakukan adalah menggandeng investor untuk menanamkan modal serta membeli hasil panen serai yang ditanam masyarakat.

Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa saat ini sudah ada perusahaan yang akan memborong hasil panen serai masyarakat di Kecamatan Pantai Lunci dan Jelai.

“Kita sudah lakukan tanam serai perdana, dan untuk masalah pemasarannya sudah ada CV Bina Alam Sentosa yang siap membeli hasil panen serai milik masyarakat Desa Sungai Damar,” kata Windu Subagio, Senin (9/12/2019).

BACA JUGA:   Diskeptan Sukamara Kembali Gelar Pasar Penyeimbang

“Jadi warga yang menanam serai tidak perlu khawatir terhadap pemasaran hasil produksi,” kata Windu Subagio lagi.

Windu menjelaskan bahwa perusahaan tersebut akan membeli tanaman serai ini dengan harga Rp 1000 dan diterima dipabrik.

“Dan mereka juga bisa datang untuk memanen langsung dengan harga Rp 500,” ucap Windu.

Bupati Sukamara Windu Subagio menginginkan Sukamara menjadi sentra penghasil serai di Indonesia.

“Kita ingin Sukamara nanti menjadi sentra utama penghasil serai di Indonesia inginnya seperti itu dan hari ini kita mulai langkah pertama untuk pengembangan serai di Sukamara,” ujar Windu.

BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi Sukamara pada 2023 Sebesar 5,64 Persen

Windu mengharapkan masyarakat sekitar dapat memahami tujuan jangka panjang Pemerintah Daerah melakukan pengembangan tanaman serai diwilayah pesisir Sukamara itu.

“Saya harap masyarakat juga memahami apa yang menjadi tujuan kita, sehingga masyarakat juga ikut terlibat dan merasakan dampak serta manfaatnya,” kata Windu.

“Memang inginnya pemerintah saat ini mencari prodak yang bisa diandalkan dan berdampak pada masyarakat secara luas,” lanjut Windu. (enn/beritasampit.co.id)