Final SEA Games 2019, Timnas Indonesia Gagal Raih Emas

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam di laga Final SEA Games 2019.

Timnas Vietnam U-22 berhasil keluar sebagai juara setelah menang 3-0, setelah mengalahkan Timnas Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, malam tadi.

Petaka berawal pada menit ke 20, saat Evan Dimas Darmono mengalami cedera setalah dilanggar Doan Van Hau. Pelatih Indra Sjafri kemudian memasukkan Syahrian Abimanyu sebagai pengganti.

Vietnam membuka keunggulan lewat gol di menit ke 39, setelah tendangan bebas Do Hung Dung dari luar kotak enam belas sisi kanan gawang Indonesia berhasil dimaksimalkan Doan Van Hua menjadi gol.

BACA JUGA:   Pemerintah Harus Tegas, Jangan Sampai Aturan yang Dibuat Hanya untuk Mengisi Kertas KosongĀ 

Kedudukan 1-0 keunggulan Vietnam bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, permainan bertahan Vietnam masih sulit di tembus Timnas Indonesia, meski sebelumnya Egy Maulana Vikri dimasukkan menggantikan Witan Sulaeman untuk menambah daya gedor.

Menit ke-59, sebuah umpan silang berhasil dimaksimalkan Do Hung Dung untuk menggandakan keunggulan Vietnam melalui tendangan keras dari luar kotak pinalti dan skor bertambah untuk Vietnam, 2-0.

Harapan Indonesia datang pada menit ke-72 saat Ovaldo Haay melakukan penetrasi. Namun tendangannya dari dalam kotak pinalti masih mampu diamankan penjaga gawang Vietnam, Nguyen Thanh Chung.

Satu menit berselang, gawang Indonesia harus kembali kebobolan untuk ketiga kalinya melalui Doan Van Hau, memanfaatkan bola muntah yang berhasil dikonversi menjadi gol.

BACA JUGA:   Bamsoet: PBNU Minta Cabut RUU HIP, Ganti Jadi RUU BPIP

Harapan untuk memperkecil kedudukan datang di menit ke-81. Tapi tendangan Egy Maulana Vikri kembali bisa antisipasi kiper Vietnam. Muhammad Rafli yang menyambut bola muntah juga masih bisa digagalkan pemain belakang Vietnam.

Akhirnya Vietnam menasbihkan diri sebagai juara, dengan keunggulan 3-0 saat peluit panjang tanda akhir pertandingan dibunyikan.

Vietnam berhasi meraih medali emas SEA Games dan Indonesia harus puas dengan medali perak. Sementara dipertandingan lainnya, Myanmar menang 5-4 dalam adu pinalti melawan Kamboja. Myanmar meraih perunggu di SEA Games 2019.

(jun/beritasampit)