Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Sunardi Dorong Masyarakat Melek Digital

WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN : AR/BS - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang saat membuka kegiatan di aula kantor Bappelitbang Katingan, Selasa (10/12/2019).

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Parisada Hindu Kaharingan Dharma Indonesia Kabupaten Katingan melaksanakan kegiatan workshop kewirausahaan berbasis digital di era Revolusi Industri Four Point Zero (4.0).

Kegiatan ini dibuka secara resmi Wakil Bupati Katingan Sunardi N T Litang di aula kantor Bappelitbang Katingan, Selasa (10/12/2019).

Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa tantangan besar Indonesia dalam menghadapi industri 4.0 adalah kesenjangan digital yang masih tinggi akibat minimnya pengetahuan sumber daya manusia dalam mengoptimalkan teknologi digital dan infrastruktur.

“Kesenjangan digital yang masih tinggi ini dapat berdampak pada semakin besarnya kesenjangan sosial dan ekonomi. Maka dari itu melalui teknologi informasi dapat dikembangkan untuk memecahkan masalah sosial ekonomi di Indonesia khususnya di Kabupaten Katingan,” ucapnya.

BACA JUGA:   Wakil Bupati Katingan 'Titip Pesan' Ini Diserah Terima Jabatan Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan

Salah satunya solusi yang dilakukan adalah pengembangan sumber daya manusia untuk memperkuat program melek digital atau digital literasi.

Serta upaya perbaikan layanan pemerintah melalui teknologi digital saat ini pada bidang tertentu sudah mengembangkan berbagai aplikasi layanan tanpa harus bertatap muka secara langsung, misalnya pada layanan perijinan, dan pembayaran pajak melalui online.

“Kegiatan ini sendiri terbagi menjadi empat sesi yang setiap materi disampaikan masing-masing narasumber,” ucap Ketua Parisada Hindu Kaharingan Dharma Indonesia Kabupaten Katingan I Ketut Fourent Kusamba.

Ia menjelaskan, seperti Kepala Disbudparpora Katingan terkait kebijakan pemerintah daerah dalam bidang kepemudaan di era digital.

BACA JUGA:   Sakariyas Hadiri Perayaan Natal Kerukunan Warga Dusmala

Kemudian, dari Rektor Institut Agama Hindu Kaharingan Tampung Penyang Palangka Raya terkait tentang tantangan generasi pemuda di era digital, dan dari Dekan FKIP UM Palangka Raya tentang pendidikan, serta Ketua PHDI Provinsi Kalteng terkait pembuatan aplikasi.

Untuk diketahui turut hadir, Rektor Institut Agama Hindu Kaharingan Tampung Penyang Palangka Raya, Dekan FKIP UM Palangka Raya, Ketua PHDI Provinsi Kalteng, Sejumlah Kepala OPD, Ketua GOW Katingan, Ketua Parisada Dharma Indonesia Katingan, Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Katingan, Ketua LPTIK Katingan, Ketua PWHK Katingan, Ketua PPWHK Katingan, KNPI Katingan dan peserta worshop kewirausahaan berbasil digital di era Revolusi 4.0.

(nas/beritasampit.co.id)