Pemkab Seruyan Gelar Raker Pelaku Usaha Tingkat Desa

Foto : (RDI/BS)-Asisten III Setda Seruyan Agus Suharto (kiri) bersama Kepala Dinas Perikanan Abu Hasan Asari (kanan)

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Pemerintah kabupaten Seruyan melalui dinas Perikanan menggelar rapat kerja (Raker) teknis pelaku usaha perikanan di tingkat desa sebagai persamaan persepsi yang dilakukan oleh desa.

“Pembangunan sektor Kelautan dan Perikanan memiliki peran penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Seruyan. Hal ini dikarenakan Potensi perikanan di Seruyan Seruyan sangat besar dan belum bisa dimanfaatkan secara maksimal,” kata Asisten III Setda Seruyan Agus Suharto saat membacakan sambutan Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, Selasa (10/12/2019).

BACA JUGA:   WNA Asal Malaysia Diduga Aniaya Karyawan Perkebunan

Menurutnya, ini bisa dilihat dari luas laut dan kekayaan laut yang sangat banyak serta keragaman ikan jenis air tawar yang dimiliki, bahkan endemik lokal yang tidak ditemukan di daerah lain.

Namun dikarenakan pemanfaatan yang belum maksimal sehingga belum dapat bersaing dengan produk luar Kalimantan.

Padahal potensinya menjanjikan, selain itu sebagian besar masyarakat Seruyan berprofesi sebagai nelayan, sehingga diperlukan pembudidayaan dan pengolahan perikanan di sektor kelautan dan perikanan.

“Dalam membangun Seruyan kita tidak boleh hanya tergantung kepada pemerintah namun masyarakat Seruyan khususnya pelaku usaha perikanan dapat partisipasi secara aktif dalam membangun dan mengembangkan di bidang Kelautan dan Perikanan,” harapnya.

BACA JUGA:   Sosialisasi Stop Pungli, Bhabinkamtibmas Polsek Seruyan Hilir Sambangi Kantor Desa

Sementara Kepala Dinas Perikanan Abu Hasan Asari mengatakan kegiatan rapat kerja teknis pelaku usaha perikanan, penyuluh, pengumpul data statistik sektoral dan pendamping kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara pelaku usaha dengan Dinas Perikanan.

“Karena Desa yang memiliki potensi Perikanan yang sangat besar sudah membuat program perikanan untuk masyarakat melalui Desa tersebut,” ungkapnya.

(Rdi/beritasampit)