Semua Sektor Harus Aktif Memperhatikan Posyandu

Tanda Tangan : ENN/BS - Ketua PKK Sukamara, Siti Zulaiha Windu Subagio saat menandatangani kesepakatan untuk revitalisasi posyandu di Kabupaten Sukamara.

SUKAMARA – Dalam upaya meningkatkan kemandirian posyandu di Kabupaten Sukamara semua pihak berperan mulai dari tingkat desa hingga kabupaten.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukamara, Sutrisno mengingatkan pihak maupun sektor terkait agar lebih proaktif memperhatikan Posyandu.

“Posyandu ini sudah ada akarnya, sekarang dikembangkan lagi peranannya,” kata Sutrisno saat membuka kegiatan advokasi revitalisasi Posyandu se Kabupaten Sukamara, di Aula Kantor Bupati Sukamara, (10/12/2019).

“Yang mengurus posyandu ini ada beberapa stakeholder mulai dari dinas kesehatan, pemberdayaan perempuan perlindungan anak, KB, ada PKK ada PMD lalu ada dana di desa yang bisa digunakan untuk pengembangan posyandu,” jelas Sutrisno.

BACA JUGA:   Ini Upaya Lapas Sukamara Cegah Pungli dan Gratifikasi

Saat disinggung fasilitas posyandu disetiap desa, Sutrisno menerangkan jika posyandu yang berkembang atau tidak tergantung dari kemauan perangkat desa dalam mengembangkan peran posyandu.

“Karena posyandu ini mandiri itu tergantung desa, kalau mau pakai balai desa bisa, tapi ada beberapa desa yanh sudah punya gedung posyandu sendiri,”ucap Sutrisno.

“Dan jika masih ada kekurangan baik peralatan maupun perlengkapan seperti makanan untuk balita harus dipikirkan secara bersama-sama untuk memberikan solusi terbaik kedepannya,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Polres Sukamara Gelar Apel Pasukan Ops Patuh Telabang 2020

Ditambahkannya, Posyandu harus menjadi bagian dari pemberdayaan masyarakat dalam pembentukan paradigma sehat yang benar.

“Revitalisasi Posyandu merupakan jawaban dari tantangan ini, garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan terhadap peningkatan gizi masyarakat harus ditingkatkan,” tukas Sutriano. (enn/beritasampit.co.id)