Tingkatkan Kualitas SDM Untuk Cegah Stunting Pada Anak

Foto : RDI/BS -Asisten III Setda Seruyan Agus Suharto

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan berkomitmen untuk terus mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualitas dan berdaya saing.

Asisten III Setda Seruyan Agus Suharto mengatakan pembangunan SDM menjadi kunci Kabupaten Seruyan ke depan dan titik awal tersebut dimulai dengan menjamin kesehatan ibu dan anak.

“Status gizi dan kesehatan ibu serta anak merupakan penentu kualitas sumber daya manusia, baik itu pada masa pra hamil, saat kehamilannya dan saat menyusui merupakan periode yang sangat kritis atau yang kita kenal dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),” katanya di Kuala Pembuang, Selasa (10/12/2019).

BACA JUGA:   Jelang New Normal, Polres Seruyan Gelar Apel dan Patroli Gabungan

Ia mengatakan, periode 1000 HPK ini merupakan periode sensitif karena akibat yang ditimbulkan terhadap bayi pada masa ini akan bersifat permanen dan tidak dapat dikoreksi.

Hal tersebut akan berakibat pada rendahnya kualitas SDM dan jika itu terjadi, otomatis tidak bisa bersaing dengan daerah lain, mengingat persaingan global semakin wajib diperhitungkan dengan kualitas kemampuan individu.

BACA JUGA:   WNA Asal Malaysia Diduga Aniaya Karyawan Perkebunan

“Maka dari itu, saya menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan untuk saling bekerjasama dan bersinergi dalam melakukan pencegahan Stunting di Kabupaten Seruyan melalui percepatan perbaikan gizi yang fokus pada 1000 HPK,” pungkasnya.

(Rdi/beritasampit)