Ada 7 Gapoktan di Sukamara Terima Bantuan Dana Peremajaan Sawit

Tanam : ENN/BS - Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi saat menanam sawit perdana pada program peremajaan sawit rakyat di Desa Pangkalan Muntai, Kamis (12/12/2019).

SUKAMARA – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, Irlan Khodriansyah mengatakan ada 7 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang menerima bantuan dana untuk program peremajaan sawit dari Bandan Pengelolaan Dana Peremajaan Kelapa Sawit (BPDPKS) dari pemerintah pusat.

“Sampai bulan Desember sudah ada 7 gapoktan yang sudah menandatangani perjanjian antara Gapoktan, BPDPKS dan bank salaku penyalur dana bantuan,” terang Irlan Khodriansyah, usai tanam persana peremajaan sawit rakyat di Desa Pangkalan Muntai, Kamis, (12/12/2019).

Irlan Khodriansyah menjelaskan bahwa tahun ini seluas 95,2541 hektare dari 100 hektar lahan atau kebun milik gapoktan yang telah disetujui BPDPKS untuk dilakukan peremajaan sawit.

Ketujuh gapoktan yang telah menerima bantuan terdiri dari gapoktan yang telah cair dananya yaitu Gapoktan Muntai Mandiri, Sido Mulyo dan Gapoktan Semantun Indah. Sedangkan gapoktan yang telah penandatangan 3 pihak antara lain Gapoktan Jalungga Agro, gapoktan sinar harapan, gapoktan bersatu jaya dan gapoktan laman sejahtera.

“Kemudian dana yang sudah disalurkan ke kelompok sebesar Rp 14,640 miliar,” kata Irlan.

Setiap Gapoktan yang telah menerima bantuan diminta untuk segera memanfaatkan untuk melakukan tahapan lainnya.

“Karena kalau dana yang sudah disalurkan ini tidak digunakan selama 6 bulan, maka akan kembali ditarik, sehingga setelah anggaran masuk maka proses pembersihan lahan dan penanaman harus segera dilakukan,” pungkas Irlan. (enn/beritasampit.co.id)