Disdik Barsel : Pengelolaan BOSDA Harus Sesuai Aturan

Kabid Pembinaan SMP, Isra Handayani.  

Editor: Maulana Kawit

BUNTOK – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) tegaskan, bagi seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) dan Bendahara jenjang SMP Sederajat di daerah tersebut agar lebih meningkatkan pemahaman dan pengelolaan dana.

Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA), harus sesuai dengan aturan sehingga dapat menghindari terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan dalam pengelolaan serta pemanfaatan BOSDA itu sendiri.

Hal tersebut dikatakan Kabid Pembinaan SMP Disdik Barsel Isra Handayani kepada beritasampit.co.id disela-sela kegiatan, Peningkatan Kapasitas Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Jenjang SMP Sederajat Kabupaten Barsel Tahun 2019 bertempat di Aula Bappeda Barsel. Kamis (12/12/2019).

Saat digelarnya kegiatan, Peningkatan Kapasitas BOSDA Jenjang SMP Sederajat Kabupaten Barsel Tahun 2019.
Saat digelarnya kegiatan, Peningkatan Kapasitas BOSDA Jenjang SMP Sederajat Kabupaten Barsel Tahun 2019.

Dikatakan Isra Handayani, tujuan kegiatan ini dilaksanakan agar seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) dan Bendahara se-Barsel dapat memahami dengan baik akan proses penyaluran dan penggunaan dana BOSDA tepat sasaran.

“BOSDA ini sendiri, tujuannya untuk dapat meringankan beban masyarakat terkait pembiayaan dalam rangka wajib belajar 9 tahun putra-putri mereka,”katanya.

Melalui program BOSDA ini pula lanjut Isra handayani, pemerintah bisa memberikan dana ke setiap sekolah-sekolah untuk mengurangi beban biaya pendidikan yang harus di tanggung para orang tua.

“Kita berharap, bagi pihak sekolah agar kiranya bisa tepat sasaran lagi menyalurkan anggaran yang diberikan oleh pemerintah melalui BOSDA sesuai dengan juknis yang telah ditetapkan,”tukas Isra Handayani.

Kegiatan, Peningkatan Kapasitas BOSDA Jenjang SMP Sederajat Kabupaten Barsel tahun 2019 tersebut dihadiri Sekretaris Disdik Barsel, Kabid Pembinaan SMP, Kabid Pembinaan Pendidikan PAUD, Kabid Pembinaan Pendidikan SD/MI, Kabid Ketenagaan, Koordinator Pengawas dan narasumber Widyaiswara dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Palangkaraya.

(ded/beritasampit)