Tingkatkan Kewaspadaan Dini Menjelang Natal dan Tahun Baru

KEWASPADAAN DINI : AR/BS - Bupati Katingan Sakariyas, saat pimpin rapat kewaspadaan Dini, di aula Hotel Katingan, Kamis (12/12/2019).

Editor: Maulana Kawit

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Kabupaten Katingan melaksanakan kegiatan rapat tim kewaspadaan Dini dalam rangka menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, di aula Hotel Katingan, Kamis (12/12/2019).

Bupati Katingan Sakariyas, menyampaikan terkait dengan bagaimana untuk mengantisifasi situasi dan kondisi keamanan maupun ketertiban di masyarakat dalam rangka menyambut Natal dan tahun Baru perlu adanya kewaspadaan dini dilakukan sekarang ini.

Hal ini menurutnya, supaya pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru di Kabupaten Katingan dalam berjalan dengan baik dan masyarakat pun dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari berjalan seperti biasanya yaitu merasa aman, tentram.

“Oleh sebab itulah, menjelang natal dan tahun baru ini. kita harus melakukan kewaspadaan dini untuk menangkal berbagai isu-isu yang akan berkembang di masyarakat. Salah satu isu sekarang ini terkait dengan peristiwa kematian seorang anak di desa Tumbang Mahup Kecamatan Katingan Hulu yang dikaitkan dengan isu Kayau. Dan saya tegaskan itu tidak benar, bahwa itu murni kriminal,” jelas mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini.

BACA JUGA:   Jelang Arus Mudik, Polisi Berikan Bantuan Alat Keselamatan untuk Ferry Penyeberangan

Lanjutnya menambahkan, akan semua pemangku kepentingan dapat bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam menangani berbagai isu-isu yang berkembang di masyarakat sekarang ini.

Sementara, Wakapolres Katingan Kompol Aripin menyampaikan terkait perkembangan situasi dan kondisi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Katingan saat ini khsusunya dalam menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru secara umum masih aman dan kondusif.

“Untuk pengamanan Natal, Polres Katingan akan melaksanakan operasi lilin pada tangal 22 Sesember 2019. Kemudian dilanjutkan dengan pengamanan pergantian malam Tahun Baru,” ucapnya.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Secara Daring

Kompol Aripin berharap, pelaksananan operasi lilin nanti, ada dukungan dari pemerintah daerah seperti dari Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan Perhubungan, Satpol PP, BPBD maupun pihak terkait lainnya dalam melayani aktivitas masyarakat di Kabupaten Katingan.

“Ini diharapkan pada operasi lilin nanti ada perbedaan kita dalam melayani masyarakat dengan cepat dan berkualitas,” tegasnya.

Rapat tim kewaspadaan dini tersebut langsung dipimpin langsung Bupati Katingan Sakariyas, dan didampingi Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang.

Kemudian, juga dihadiri Wakapolres Katingan Kompol Aripin beserta jajarannya, Perwira Penghubung Kodim 1015 Sampit/Kasongan, perwakilan Kajari Kasongan, Kepala Kesbangpol Katingan, sejumlah SOPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta tamu undangan yang hadir.

(nas/beritasampit.co.id)