Ultah Forhati Ke-21, Hanifah Husein: Jadilah Pelopor Perubahan Transformatif Bukan Pengekor

Ketua Presidium FORHATI Hanifah Husein. Dok: Istimewa

JAKARTA— Koordinator Presidium Majelis Nasional Forum Alumni HMI-Wati Hanifah Husein menilai perkembangan kehidupan bangsa sepanjang tahun 2019 bergerak sangat dinamis dan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Kata Hanifah, dinamika politik yang terjadi sepanjang tahun 2019, bahkan telah berdampak sangat luas yang menimbulkan polarisasi masyarakat. Terutama, karena berlangsung proses kristalisasi melalui arus besar komunikasi massa dan komunikasi sosial yang nyaris tak terkendali.

“Disadari atau tidak disadari, sepanjang tahun 2019, selain terjadi pusaran arus politik yang sangat besar, juga pusaran sosial dan budaya yang dalam banyak hal, menghadapkan kita pada berbagai tantangan,” ujar Hanifah dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-21 Forhati yang jatuh pada hari ini 12 Desember 2019.

BACA JUGA:   Perkuat Jaringan Pengawasan Pelayanan Publik, Ombudsman RI Hadiri Diskusi dengan Alumni UI

Menurut Hanifah, saat ini arus besar globalisasi juga sangat berdampak pada kehidupan masyarakat yang sebagian besar rakyat mayoritas berpenduduk muslim.

“Arus besar globalisasi itu telah menyeret kita pada kecenderungan penguasaan Sumber Daya Alam (SDA) dan industri keuangan, yang mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi secara langsung,” imbuh Hanifah.

Untuk itu, Hanifah berharap Alumni HMI-WATI seluruh Indonesia untuk tetap peduli dan selalu memberikan support kepada setiap kader Hijau Hitam yang sedang berkiprah dalam politik kenegaraan.

BACA JUGA:   Integrasi Tiktok Tokped Untungkan UMKM, Ini Kata Anggota Komisi VI DPR RI

Hanifah bilang Alumni HMI-WATI harus menghadapi tantangan, memahami peluang (oportunitas), menyadari kelemahan internal, sehingga mampu memperbaiki diri untuk menjadi organisasi yang kuat sebagai bagian integral pelopor perubahan transformatif. Bukan pengekor perubahan.

“Kita telah ditakdirkan menjadi kader dan alumni HMI-Wati, tak ada pilihan lain bagi kita untuk terus meningkat kualitas, gairah dan ghirah mewujudkan kualitas Insan Cita,” pungkas Hanifah Husein.

(dis/beritasampit.co.id)