Musim Hujan, BPBD Kotim Ingatkan Waspada Banjir

BANJIR - Salah satu desa di wilayah utara Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Maret 2019 lalu.

Editor: Maulana Kawit

SAMPIT – Intensitas hujan yang semakin meningkat membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengeluarkan imbauan kepada masyarakat yang bertempat tinggal di daerah rawan banjir, terutama didekat bantaran sungai agar waspada.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Yephi Hartadi Periyanto, melalui pesan singkatnya meminta seluruh camat, lurah dan kepala desa untuk dan memperhatikan kondisi wilayahnya dan meningkatkan kesiagaan.

BACA JUGA:   Polisi Tahan Tersangka Perkelahian di Bekas Dermaga Gudang Gembor Sampit, Begini Kronologinya

Imbauan waspada banjir ini disampaikan untuk langkah koordinasi lebih lanjut jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.Menurutnya, BPBD Kotim akan mulai mengatifkan posko siaga banjir minggu depan.

Dari catatan Berita Sampit, daerah rawan banjir di Kotim terdapat di lima kecamatan, yakni Kecamatan Kota Besi, Cempaga, Mentaya Hulu, Antang Kalang, dan Bukit Santuai.

Musibah banjir yang terjadi dikawasan tersebut terjadi hampir setiap tahun saat musim penghujan. Namun masyarakat sekitar seakan sudah terbiasa. Bahkan, untuk menghidari banjir, diantara meraka membangun rumah panggung.

BACA JUGA:   Polsek Baamang Diminta Tegas Tangani Laporan Pungli Parkir SPBU KM 8 Tjilik Riwut

Di lima kecamatan ini, terdapat beberapa desa yang rawan banjir. Hal ini dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi yang menimbulkan aliran air sungai meluap hingga merendam rumah-rumah warga, terutama yang berada di bantaran sungai.
(jun/beritasampit)