Bupati Pulang Pisau Harapkan Dukungan Pemkab Katingan dan Pemko Palangka untuk Pelabuhan Bahaur

KIKA: GRA/BS- Dari kiri ke kanan (KIKA) menghadap kamera, Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, dan Bupati Katingan, Sakariyas duduk bersama pada acara  penandatangan MoU kerjasama pembangunan antar daerah yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Balai Kota Palangka Raya, Jumat (13/12/2019) lalu.

PALANGKA RAYA-Kapal Roro untuk angkutan penumpang dan barang melalui Pelabuhan Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah sudah operasional dan kapal beroperasi satu kali dalam seminggu.

Dengan telah beroperasinya kapal angkutan penumpang dan barang dari Pelabuhan Bahaur ini, Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo berharap ada dukungan dari Walikota Palangka Raya dan Bupati Katingan.

“Mohon dukungannya agar menghimbau kepada para perusahaan atau pengusaha setempat mengirimkan barang-barangnya melalui Pelabuhan Pulang Pisau,” pinta Edy, saat penandatangan MoU kerjasama pembangunan antar daerah, Jumat (13/12/2019) lalu.

Menurut Edy, permohonan dukungan kepada kedua kepala daerah yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Pulang Pisau tersebut, lantaran kapal yang kembali ke pelabuhan di pulau jawa dari Pelabuhan Bahaur sering kosong.

“Mobil-mobil atau Truk Fuso yang kembali ke pulau jawa sana kosong. Ini bisa dimanfaatkan untuk membawa hasil pertanian atau perkebunan kita atau apa saja yang bisa kita jual ke pulau jawa sana,” jelas Edy.

Dalam kesempatan itu, Edy menginformasikan bahwa ada permintaan dari pengusaha di pulau jawa untuk berbagai komuditi perkebunan dan diharapkan prngirimannya bisa melalui Pelabuhan Bahaur ketimbang melalui Pelabuhan Trisakti di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang jauh.

“Ada permintaan dari sana untuk jeruk nipis. Mahal harganya di daerah pulau jawa, kemudian jengkol dan patai. Ngga apa-apa siapa tau Kota Palangka Raya jadi kota industri jengkol dan Pulang Pisau industri petai nantinya,” kata Edy seraya berharap.

(gra/beritasampit.co.id)