USAID Lestari Berkomitmen Menjaga Keutuhan Lingkungan

ORANGUTAN: Yayasan BOS/BS- Salah satu dari 11 individu orangutan yang dilepasliarkan  ke habitat asli kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya,  Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, pada Minggu (15/12/2019).

PALANGKA RAYA-Landscape Coordinator USAID Letari Kalimantan Tengah, Rosenda Chandra Kasih mengatakan, USAID Lestari selalu berkomitmen penuh dalam bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk menjaga kelestarian dan keutuhan lingkungan alamnya.

“Orangutan kalimantan berperan penting dalam menjaga kualitas hutan dan keutuhan ekosistem, kendati dilindungi undang-undang, masih saja menyandang status sangat terancam punah,” kata Rosenda, Minggu (15/12/2019).

BACA JUGA:   Agung Nugroho: Kami Siap Menjadi Benteng Penjaga Terakhir Orangutan di TNBBBR

Adanya orangutan yang direpatriasi dari negara lain dan akhirnya bisa dikembalikan ke alam liar, jelas
Rosenda, telah mendorong pihaknya untuk lebih mendukung kegiatan rehabilitasi dan pelepasliaran demi pelestarian orangutan kalimantan.

“Kami berharap, upaya Pemerintah Indonesia untuk melindungi dan melestarikan hutan Indonesia dan seluruh keanekaragaman hayati di dalamnya, bisa terwujud,” ucapnya seraya berharap.

BACA JUGA:   Hingga Desember 2019, Pemerintah Thailand Telah Memulangkan Sebanyak 67 Orangutan Seludupan ke Indonesia

Sebelumnya, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), USAID LESTARI, dan Yayasan BOS (Borneo Orangutan Survival Foundation) melepasliar 11 individu orangutan ke kawasan TNBBBR di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

(gra/beritasampit.co.id)