Majelis Al Hijrah Kasongan Peringati Haul Habib Ali Bin Muhammad Bin Husien Al Habsyi

HAUL HABIB ALI : AR/BS - Suasana pelaksaan peringatan Haul Habib Ali Bin Muhammad Bin Husien Al Habsyi, di Majelis Al Hijrah Kasongan, Senin (16/12/2019).

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Majelis Ta’lim Dzikir dan Sholawat Al Hijrah Kasongan memperingati Haul Habib Ali Bin Muhammad Bin Husien Al Habsyi (Pengarang Maulid Habsyi), pada Senin (16/12/2019) malam.

Pelaksanaan haul bertempat di Majelis Ta’lim Dzikir dan Sholawat Al Hijrah Kasongan jalan D.I Panjaitan RT 15 Kasongan tersebut menghadirkan pembacaan manaqib oleh Habib Ahmad Hanafi Hariri Bahasyim dari Martapura. Kemudian, maulid dan Nasyid menghadirkan rombongan dari Martapura.

Habib Ahmad Hanafi Hariri Bahasyim saat pembacaan manaqib pada peringatan Haul Habib Ali Bin Muhammad Bin Husien Al Habsyi lahir pada 24 Syawal 1259 Hijriah bertepatan dengan 1839 Masehi di Desa Qosam, Hadhramaut, Yaman.

BACA JUGA:   Wacana Relokasi RSUD Mas Amsyar Kasongan Mulai Dibahas

“Habib Ali Bin Muhammad Bin Husien Al Habsyi lahir dari pasangan Habib Muhammad bin Husein Al-Habsyi dan Hababah Alawiyah binti Husein bin Ahmad Al-Hadi Al-Jufri,” ucap Habib Ahmad Hanafi Hariri Bahasyim.

Kemudian, semasa hidupnya, Habib Ali memegang teguh dan mencintai ajaran Rasulullah Shallallahu ‘ Alaihi wa Sallam. Cara mengajarnya pun selalu dikaitkan dengan ajaran, sifat, dan akhlak Rasulullah.

“Itu karena Habib Ali menganggap Rasulullah merupakan sosok yang paling indah. kecintaannya dengan Rasulullah dituangkannya ke dalam tulisan yang dibuatnya yaitu kitab Maulid Simtuddurror atau dikenal pula sebagai Maulid Habsyi,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Serahkan 11 Raperda ke DPRD

Lalu, kitab tersebut ditulis Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi sekira tahun 1933, dua tahun sebelum beliau wafat.

Habib Ali beliau dikenal dengan syair-syair kerinduannya kepada Rasulullah, beliau juga mengarang kitab yang terus dibacakan sampai saat ini Maulid Habsyi.

“Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi meninggal pada 20 Rabiuts Tsani 1333 H,” ujarnya.

Perlu diketahui, Haul Habib Ali Bin Muhammad Bin Husien Al Habsyi dihadiri pimpinan Majelis Ta’lim Dzikir dan Sholawat Al Hijrah Kasongan H Abdul Hakim, para alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, ibu-ibu pengajian, serta jamaah masjid di kota Kasongan.

(nas/beritasampit.co.id)