Komisi III DPRD Kotim Ingatkan Peran Orangtua Cegah Anak Terjerumus Pergaulan Bebas

H Ramli Bersama Jajaran Komisi III DPRD Kotim Lainnya Saat Sidak Baru Ini

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Anggota Komisi III DPRD Kotim H Ramli meminta agar para orangtua lebih memperhatikan dan mengontrol pergaulan anak, terutama anak yang masuk di usia remaja yang masih labil.

Menurutnya peran serta orangtua mampu membantu karakter anak dimulai sejak dini sehingga kedepannya mampu menjadi anak yang kuat mental dan bertanggung jawab dengan segala bentuk perbuatannya.

“Tugas orangtua lebih besar dari guru-guru didik yang ada di sekolah,” imbuhnya. Jumat, 20 Desember 2019.

Ia menambahkan, peran orangtua lebih mampu menumbuhkan mental terhadap anak.

BACA JUGA:   Beri Edukasi, Siswa PAUD Diajak Mengenal Ikon Wisata

“Termasuk memberikan siraman agama agar tidak mudah terjerumus dalam pergaulan bebas apalagi saat ini zaman serba digital tentunya sangat mudah bagi kita mengontrol mereka,” ungkapnya.

Disisi lain Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kotim ini juga berharap agar kedepannya dalam menumbuhkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah ini, hanya orangtua murid yang bisa menentukan anaknya mampu atau tidak bersaing.

“Sekolah kita ketahui hanya bertugas mengajarkan dan mengawasi di lingkup sekolah, terlepas dari itu semuanya tanggungjawab kembali diserahkan pada orang tua, saat di rumah itulah perlu adanya pendekatan secara intensif terhadap anak,” tukasnya.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Imbau Biasakan Cuci Tangan Cegah Penyebaran Virus Corona

Lelaki paruh baya ini juga mengharapkan agar pihak instansi terkait lebih mengedepankan kontrol melalui jalinan silaturahmi kepada murid maupun orang tua murid secara berjenjang agar proses pendidikan mampu sejalan dengan target penyetaraan SDM kedepannya.

“Peran Disdik juga kita harapkan untuk mengontrol secara sosial baik kepada para murid maupun orangtua murid, ini demi menjaga kondusifitas serta hubungan harmonis antar pihak sekolah, murid, dan orangtuanya,” tutupnya.

(drm/beritasampit.co.id)