Program PERS Dukung Pemerintah Hapuskan Penggunaan Merkuri di Pertambangan Rakyat

SAMPIT – Sekretaris Daerah (Sekda) Kotawaringin Timur, Halikinoor menyebut Program Emas Rakyat Sejahtera (PERS), sebuah program kerjasama antara Artisanal Gold Council (AGC) dengan Yayasan Emas Artisanal Indonesia (YEAI) yang didanai oleh Global Affairs Canada (AGC) mendukung Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dukungan tersebut, dalam rangka penghapusan merkuri di pertambangan rakyat di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Parenggean, Kotawaringin Timur.

Pemerintah Kapubaten menilai PERS memainkan peran penting dalam membantu pihak pemerintah kabupaten dalam men-stop dan mengurangi penggunaan merkuri dalam proses pengolahan emas di area Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) khususnya di Pudu Jaya Lestari, Desa Bukit Harapan, Kecamatan Parenggean, Kalimantan Tengah.

Halikin mengatakan Pemerintah Kabupaten tahu bahwa penggunaan merkuri memberikan dampak yang berbahaya baik untuk penambang maupun terhadap lingkungan. “Jika fasilitas pengolahan emas tanpa merkuri dapat segera beroperasi di tempat ini, maka masyarakat dan pemerintah dapat merasakan manfaatnya,” katanya.

Dia juga menambahkan bahwa upaya program yang berada dalam naungan AGC dan YEAI dan bekerja sama dengan mitra lokal, LSM Lentera Kartini, merupakan upaya untuk meningkatkan taraf kehidupan penambang skala kecil sehingga mereka dapat beralih dari praktik yang membahayakan menjadi praktik yang ramah lingkungan.

BACA JUGA:   Halikinnor : Mohon Doanya untuk Kesembuhan Abdul Gafar

Country Project Manager AGC Agni Pratama juga pada kesempatan yang sama menyatakan penghargaaan terhadap dukungan positif yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Agni menyatakan bahwa dalam waktu dekat fasilitas pengolahan emas bebas merkuri akan dapat beroperasi di WPR Pudu Jaya Lestari.

“Mesin-mesin yang ada dalam fasilitas pengolahan emas bebas merkuri milik PERS merupakan teknologi percontohan dan satu-satunya di Wilayah Kalimantan Tengah. Teknologi pengolahan emas ini merupakan teknologi yang ramah lingkungan. Melalui fasilitas pengolahan emas bebas merkuri ini diharapkan kualitas kehidupan para penambang dan komunitasnya akan meningkat karena terbebas dari masalah pencemaran akibat merkuri,” kata Agni.

Beliau juga menambahkan bahwa PERS akan melatih para penambang emas di WPR Pudu Jaya baik penambang laki-laki dan perempuan untuk dapat mengoperasikan teknologi milik PERS sehingga mereka memiliki kemampuan untuk beralih praktik kepada pengolahan emas bebas merkuri.

BACA JUGA:   Ternak Kambing Etawa, Peluang Usaha Menjanjikan di Parenggean

Gayle Barneet, perwakilan dari GAC kembali menegaskan bahwa dukungan pemerintah kabupaten Kotawaringin Timur sangat penting bagi masa depan para penambang rakyat. “Saya akan rekomendasi agar Duta Besar Kanada untuk Indonesia dapat berkunjung ke fasilitas pengolahan emas bebas merkuri milik PERS ini begitu fasilitas pengolahan emas bebas merkuri ini dapat beroperasi di WPR Pudu Jaya Lestari. Kunjungan Duta Besar Kanada juga dapat digunakan untuk pertemuan dan diskusi lebih lanjut dengan pihak Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur,” kata Gayle.

Program Emas Rakyat Sejahtera (PERS) adalah adalah program pemberdayaan pertambangan emas Skala kecil di Indonesia yang didukung oleh Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC), diimplementasikan oleh Artisanal Gold Council (AGC) Canada, Yayasan Emas Artisanal Indonesia (YEAI) dan Mitra lokal Lentera Kartini.

Lentera Kartini adalah Lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang sosial terutama di bidang gender serta bidang perlindungan perempuan dan anak.(rls)