Ketua DEMA IAIN Terpilih Tawarkan Ini ke Pemerintah

PALANGKA RAYA – Perhelatan akbar untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya berlangsung meriah pada 19 Desember 2019 kemarin.

Ada dua pasangan calon (Paslon) yang berkompetisi saat itu. Aris Kurnia Hikmawan dan Nur Aulia Fitri serta Muhammad Dayat dan Ahmad Zacky Saputra. Masing-masing sebagai pasangan nomor urut satu dan dua.

Kedua pasangan tersebut bersaing meyakinkan mahasiswa di empat fakultas berbeda untuk memberikan hak suaranya. Pasangan nomor urut pertama berasal Fakultas Syari’ah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) bersaing dengan pasangan kedua yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan FTIK.

Pemilihan yang berlangsung dari pukul 07:00 WIB hingga 14:00 WIB itu dilaksanakan di Aula Utama IAIN Palangka Raya. Ada sekitar 1114 mahasiswa yang berpartisipasi kali ini.

BACA JUGA:   Barito Utara Geser Kapuas dan Pulang Pisau Soal Program Ini

Namun proses perhitungan suara yang menegangkan dari pukul 16:00 WIB itu berhasil membuat para pendukung dari masing-masing paslon heboh. Pasalnya kegiatan tersebut berlangsung hingga pukul 23:00 WIB dan banyak didapati surat suara yang dinyatakan tidak sah.

Total ada 149 surat suara yang tidak sah. Terdiri dari 78 surat suara dari paslon satu, 58 surat suara dari paslon dua dan 13 surat suara rusak.

Perolehan suara setiap paslon juga imbang. Karena masing-masing unggul di dua fakultas yang berbeda. Seperti paslon nomor urut satu yang unggul di Fakultas Syari’ah dan FUAD sedangkan paslon nomor urut dua unggul di FEBI dan FTIK.

Namun total suara yang diperoleh berbanding terbalik. Diketahui paslon nomor urut satu memperoleh 530 suara dan paslon nomor urut dua memperoleh 435 suara. Selisih sekitar 95 suara di antara kedua paslon tersebut.

BACA JUGA:   Penahanan Philip Jacobson Cacat Demokrasi

Hingga pada akhirnya ditetapkanlah Aris Kurnia Hikmawan dan Nur Aulia Fitri sebagai Ketua dan Wakil Ketua DEMA IAIN Palangka Raya terpilih periode 2019-2020.

“Amanah ini akan kami laksanakan dengan sebaik mungkin. Namun kami tidak bisa bekerja sendirian, jadi kami perlu dukungan seluruh pihak yang ada,” ujar Aris Kurnia Hikmawan selaku Ketua DEMA IAIN Palangka Raya terpilih.

Dia menambahkan pentingnya kordinasi dengan setiap unsur organisasi kemahasiswaan, kampus dan pemerintah sangat diperlukan demi meningkatkan kualitas organisasi ke depannya.

“Kami ingin agar pemerintah kota dan daerah itu tidak diam saja jika kami sebagai pemuda ingin bekerjasama dalam membangun daerah. Berikan kepercayaan kepada pemuda kalau daerah ini ingin maju,” tutupnya.
(Ars/beritasampit.co.id)