Dapat Curhat Soal Karang Taruna, Yulhaidir Berharap Pemuda  Lakukan Ini

Bupati Seruyan Yulhaidir saat menerima Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid, Selasa (24/5)

SAMPIT – Bupati Seruyan Yulhaidir berharap, peran pemuda di kabupaten yang dipimpinnya semakin madiri, mampu melihat peluang, kreatif dan terus berinovasi dalam melihat pekembangan zaman saat ini.

Harapan tersebut diungkapkan Yulhaidir, saat bertemu dengan Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, Abdul Hafid, Selasa (24/12/2019).

“Peran Karang Taruna ke depan akan semakin dibutuhkan untuk mempersiapkan pemuda yang mandiri dan mampu menggerakkan pemuda sebagai kekuatan untuk memajukan daerah,” kata Yulhaidir.

Sebagai orang nomor satu di kabupaten yang berjulukan Bumi Gawi Hantantiring ini, dirinya berharap pembinaan harus terus dilakukan. Terlebih pembinaan kepada pemuda-pemuda desa untuk bisa menggali potensi didaerahnya yang nantinya dapat dijadikan kebanggaan bagi daerah itu sendiri.

BACA JUGA:   Pemkab Seruyan Gelar Safari Ramadan di Kecamatan Danau Sembuluh
Bupati Seruyan Yulhaidir bersama Ketua Karang Taruna Kalteng Abdul Hafid saat mendiskusikan optimalisasi peran dan fungsi Karang Taruna di Kabupaten Seruyan mendatang.

Menurutnya, karang Taruna merupakan tempat berkreatifitas, membentuk karakter jiwa yang unggul, membentuk individu yang kreatif dan inovatif dengan memunculkan ide dan gagasan baru, serta mampu berperan dalam upaya membangun kehidupan anak muda yang cerdas, santun, dan terampil untuk menghadapi tantangan.

Untuk itu, agar program-program pembangunan yang digulirkan berjalan sesuai harapan, selaku pemerintah daerah siap bersama pemuda karang taruna melakukan pemetaan untuk menginventarisir kebutuhan dengan melibatkan pemuda secara langsung.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan tengah, Abdul Hafid, mengatakan sebagai organisasi yang tumbuh dan berkembang atas dasar tanggung jawan sosial pemuda, karang taruna tumbuh menjadi wadah organisasi bagi para pemuda yang memiliki bakat dan keterampilan, untuk dikembangkan dalam peningkatan pengembangan pemerintah desa.

BACA JUGA:   Saksi Kasus Korupsi IKM Dipanggil Paksa Kejari Seruyan

“Sejauh ini peran karang taruna dalam pengembangan desa sangat besar. Untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktifnya, tentunya diperlukan upaya pengembangan jaringan komunikasi, kerjasama, sinergitas dan kolaborasi antar Karang Taruna,” katanya.

Sebagai tenaga penggerak pembangunan kesejahteraan sosial di tingkat desa/kelurahan, lanjutnya, karang taruna memiliki peranan yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat.

“Kita bangun sinergisitas dengan pemerintah daerah, saya yakin dengan pembinaan dan perhatian yang diberikan pemerintah daerah Seruyan, Karang Taruna akan berjaya dan besar,” tutup Ketua Karang Taruna Provinsi.

(jun/beritasampit)