Polres Katingan Lakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja

KEAMANAN TEMPAT IBADAH : IST/BS - Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, SIK saat memimpin pelaksanaan kegiatan di sejumlah Gereja, Selasa (24/12/2019)

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Jajaran Polres Katingan yang dipimpin Kapolres setempat, AKBP Andri Siswan Ansyah, didampingi Wakapolres Kompol Arifin beserta Kabag dan Kasat serta Kapolsek Katingan Hilir dan sejumlah anggota TNI serta Satpol PP Kabupaten Katingan lakukan sterilisasi guna keamanan sejumlah Gereja di Kabupaten Katingan.

Proses sterilisasi tersebut dimulai dari Gereja Caramel Jalan Tjilik Riwut KM 1 Kasongan, Selasa sore (24/12/2019). Setelah dilakukan seteralisasi Gereja dalam keadaan kosong, dan Kapolres beserta jajarannya kemudian melakukan pemeriksaan para Jama’at beserta barang bawaannya ketika memasuki Gereja satu persatu dengan menggunakan alat pemeriksa (detector).

BACA JUGA:   Umat Kristiani Kasongan Ramai Ziarah Kubur pada Malam Paskah

“Tujuannya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” jelas Kapolres Andri Siswan Ansyah.

Lanjutnya mengatakan, pengamanan yang diberikannya di sekitar tempat ibadah, yaitu 1 Gereja terdiri dari 3 hingga 5 orang anggota. Sedangkan jumlah Gereja yang ada di Kabupaten Katingan sebanyak 51 buah yang tersebar di 13 wilayah kecamatan, yaitu dari kecamatan Bukit Raya hingga kecamatan Katingan Kuala atau dari hulu hingga hilir Katingan.

Usai melakukan sterilisasi dari Gereja yang satu ke Gereja yang lainnya, Kapolres beserta jajarannya melanjutkan kegiatan lainnya, yaitu melakukan patrol di beberapa sudut Kota Kasongan dan sekitarnya, dengan harapan wilayah Kabupaten Katingan tetap dalam keadaan aman dan kondunsif tanpa gangguan sedikitpun saat melaksanakan ibadah dalam perayaan Natal di tahun 2019 ini.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan di Kasongan

“Bahkan, sampai di perayaan pisah sambut tahun 2020 nanti,” harapnya, seraya mengucapkan selamat berhari Natal 25 Desember 2019 bagi yang merayakannya dan selamat menyambut tahun baru 2020.

(nas/beritasampit.co.id)