Sejumlah Masjid di Sampit Akan Gelar Salat Kusuf

Gerhana Matahari Cincin

SAMPIT – Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) diprediksi akan terjadi, Kamis 26 Desember 2019. Meski di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) umumnya hanya mengalami gerhana matahari sebagian, namun sejumlah masjid akan menyelenggarakan salat sunnah gerhana matahari (Salat Kusuf) usai salat Zuhur.

Masjid-masjid yang akan menggelar Salat Kusuf berjamaah di antaranya Masjid Jami Assalam Sampit, Masjid Sirothol Mustaqim dan beberapa masjid lainnya.

Jika di Masjid Jami Assalam, imbauan untuk melakukan salat kusuf diumumkan sehari sebelumnya, di Masjid Sirothol Mustaqim Sampit, ajakan untuk melakukan salat kusuf berjemaah disampaikan melalui pengeras suara usai salat maghrib, Rabu malam

BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 01)

“Tadi kami sampaikan seruan untuk sholat sunnah (kusuf) usai sholat Zuhur, besok. Selain melantunan takbir dan zikir serta doa. juga diisi dengan tausiah. Mengutip hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda: Apabila kamu menyaksikannya (gerhana) maka berdoalah kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah,” ucap jemaah Masjid Sirothol Mustaqim, Ustaz Sholeh, saat dibincangi Berita Sampit, Rabu (25/12/2019).

BACA JUGA:   Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Herson B. Aden: Pedoman untuk Hidup Bermasyarakat

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis 25 kota/kabupaten di 7 provinsi yang dilalui GMC. GMC yang terjadi pada esok hari diperkirakan mulai atau awal gerhana, untuk daerah Aceh dan sekitarnya di mulai pukul 10.03 WIB, sedangkan di Papua pukul 14.37 WIT, meski hanya dapat menikmati gerhana matahari sebagian 20 persen.

Diperkirakan GMC terjadi pada pukul 12.15 WIB. Puncak gerhana kan terjadi pada pukul 12.17 WIB dan akhir gerhana diperkirakan sekitar pukul 14.00 WIB.
(jun/beritasampit.co.id)