Pesan Natal Dari Jokowi, Hidup Sebagai Sahabat Harus Menjadi Watak Asli Bangsa Indonesia

Disela-sela sambutan pada Perayaan Natal Nasional 2019 yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019) malam, Presiden RI, Jokowi menghadiahkan sepeda kepada tiga orang yang berhasil menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh presiden.

PALANGKA RAYA-Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sebagai negara yang dianugerahi oleh Tuhan Yang Maha Esa keberagaman, kemajemukan, baik itu suku, agama dan bahasa daerah harus selalu belajar hidup dalam kebersamaan sebagai saudara, sebagai satu sahabat.

Hal itu menurut Jokowi karena nilai-nilai suatu persaudaraan menjadi watak asli Bangsa Indonesia. “Bisa disebut sebagai DNAnya rakyat Indonesia dan DNA itu sudah hidup ratusan tahun jadi budaya dalam masyarakat kita,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan pada Perayaan Natal Nasional 2019 yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019) malam.

Diungkapkan Jokowi, kemanapun kita pergi keseluruh penjuru tanah air kita akan diterima seperti sahabat, seperti saudara. “Inilah kebudayaan kita Indonesia, inilah kepribadian kita, kepribadian Bangsa Indonesia,” tukas Jokowi.

BACA JUGA:   Cegah Bullying, Dede Yusuf: Butuh Peran Sekolah Beri Pendidikan Karakter Anak

Dikatakan Jokowi, persahabatan sejati sudah lama menjadi roh Bangsa Indonesia, selama ratusan tahun nenek moyang kita hidup bersama damai, harmonis dalam persahabatan, dalam persaudaraan yang tulus, yang sejati tanpa membeda-bedakan agama, suku dan ras.

“Nilai-nilai persaudaraan ini yang mengikat keindonesian kita dimasa lalu, dimasa ini maupun dimasa yang akan datang dengan hidup satu sebagai saudara, satu sahabat kita akan sigap mengulurkan tangan jika ada saudara-saudara kita dalam kesusahan,” katanya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, dengan hidup sebagai satu saudara, satu sahabat membuat kita mudah menyodorkan solidaritas ketika saudara kita memerlukan bantuan.

BACA JUGA:   Mukhtarudin: Capaian Target Net Zero Emission 2060 Tidak Boleh Tergelincir

“Karena dengan hidup sebagai satu saudara, satu sahabat membuat kita tidak ragu saling mengingatkan. Dengan hidup sebagai satu saudara satu sahabat juga tidak pernah sulit untuk bergandengan tangan, bergotong royong, berkolaborasi untuk mencapai tujuan besar bangsa kita Bangsa Indonesia,” tukasnya.

Seperti diketahui tema
Perayaan Natal Tahun 2019 ini yaitu ‘Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang’ disambut baik oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

“Saya sangat setuju dengan pesan Natal Nasional tahun ini, yaitu Hiduplah sebagai Sehabat Bagi Semua Orang,” kata Jokowi dalam sambutannya.

(gra/beritasampit.co.id)