Cerita Jokowi Tentang Persahabatan Sejati Tokoh Bangsa Beda Agama di Perayaan Natal Nasional

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan  sambutan pada Perayaan Natal Nasional tahun 2019 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019) malam.

PALANGKA RAYA-Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan pada Perayaan Natal Nasional tahun 2019 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019) malam.

Dalam sambutannya, Jokowi menceritakan tentang indahnya persahabatan sejati antara tokoh Islam terkemuka di Indonesia, Mohammad Natsir yang juga Pendiri Partai Politik Masyumi yang bersahabat kental dengan Ignatius Jonathan Kasimo sebagai seorang tokoh Katolik.

BACA JUGA:   Sidang Tahunan MPR RI Jangan Menjadi Liberal

“Ketika Hari Raya Natal Bapak Natzir selalu berkunjung kerumah Bapak I.J Kasimo. Sebaliknya pada Idul Fitri, I.J Kasimo juga datang berkunjung ke rumah Bapak Natzir,” cerita Jokowi.

“Sekali lagi inilah teladan dan indahnya persahabatan diantara dua tokoh bangsa. Cerita keakraban Gusdur dengan Romo Mangun bisa juga jadi inspirasi bagi kita semuanya,” timpalnya.

Menurut Jokowi, cerita tentang persahabatan sosok empat tokoh bangsa itu sebagaimana Pancasila yang diwujudkan dalam persahabatan yang nyata. “Mereka tidak mempersoalkan perbedaan, mereka berbeda agama, tetapi tetap bersahabat seperti bersaudara,” tukas Jokowi.

BACA JUGA:   Begini Kata Sodik Mudjahid Soal RUU PKS Tersingkir dari Prolegnas 2020

Seperti diketahui, tema Natal tahun 2019 ditetapkan oleh Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) adalah; ‘Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” (Yohanes 15:14-15).

(gra/beritasampit.co.id)